Kompas TV nasional agama

Wakil Ketua DPR Minta Akhiri Soal Polemik Pembatalan Haji 2021

Kompas.tv - 14 Juni 2021, 14:05 WIB
wakil-ketua-dpr-minta-akhiri-soal-polemik-pembatalan-haji-2021
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad. (Sumber: KOMPAS.com/TSARINA MAHARANI)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta seluruh masyarakat Indonesia untuk mengakhiri persoalan pembatalan haji 2021 yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia. Sebab, dari Pemerintah Arab Saudi pun membatasi peserta haji tahun ini. 

"Sehingga saya harap spekulasi apapun yang berkembang di masyarakat tentang masalah haji ini agar diakhiri,  mari kita sama-sama konsentrasi dalam menghadapi Covid-19," kata Sufmi di Gedung DPR, Senin (14/6/2021). 

Baca Juga: Tutup Pintu Negara Lain, Kuota Haji Hanya Untuk Warga Arab Saudi

Ia menilai keputusan Pemerintah Arab Saudi itu harus dihargai oleh seluruh pihak karena mengingat kini situasinya masih pandemi Covid-19. 

"Saya pikir keputusan itu adalah hak Pemerintah arab saudi dan mungkin itu sudah diperhitungkan dengan matang di masa pandemi ini demi keselamatan, baik penduduk Arab Saudi maupun calon jemaah haji," ujarnya. 

Seperti diketahui, Arab Saudi resmi menyatakan akan membatasi jemaah haji tahun ini khusus untuk 60.000 warga negara dan pemukim di kerajaan tersebut, seperti dilansir Arab News, Minggu (13/6/2021). 

Kementerian Kesehatan dan Haji Arab Saudi dalam pernyataan resminya hari Sabtu (13/6/2021) menegaskan, 60.000 warga negara dan pemukim di Arab Saudi yang diizinkan hanya mereka yang tidak punya penyakit kronis.

Selain itu hanya jemaah yang sudah menjalani vaksinasi yang dapat menjalankan ibadah haji. Namun hal itu juga terbatas bagi jemaah yang berusia 18-65 tahun saja. 

Baca Juga: Arab Saudi Tak Beri Izin Haji ke Semua Negara

Seluruh jemaah haji tahun ini juga harus sudah menjalani vaksinasi Covid-19 secara penuh atau sudah mendapat suntikan pertama setidaknya 14 hari sebelum menjalani ibadah haji. Penyintas Covid-19 yang sudah menjalani vaksinasi penuh juga diizinkan berhaji, selama mereka warga negara dan pemukim di sana. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x