Kompas TV nasional update

Prabowo Beli 8 Kapal Asal Italia, Pengamat: Maksudnya Harus Jelas

Jumat, 11 Juni 2021 | 19:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementeri Pertahanan menandatangani kontrak dengan perusahaan pembuat kapal asal Italia, Fincantieri.

Dalam rilis resmi Fincantieri, ada delapan kapal perang yang disiapkan dalam kerja sama itu.

Pengamat Kemaritiman dan Intelijen, Soleman Ponto mengingatkan pengadaan alutsista harus sebagai investasi.

Mantan Kepala Badan Intelijen Strategis TNI itu mengacu pada perintah Presiden Jokowi soal pentingnya investasi di bidang teknologi.

"Maunya seperti apa, pengadaan alutsista ini apa maksudnya kan harus jelas kita mau apa. Kalau pak presiden kan memerintah untuk supaya pembeliaan investasi, jadi nggak hilang begitu saja," ujar Ponto.

Fincantieri adalah perusahaan asal Italia yang berpengalaman dalam pembuatan kapal sejak 1959 menyebut kesepakatan ini penting untuk memperkuat kerja sama kedua negara di kawasan pasifik.

Perusahaan itu akan menjadi kontraktor utama dalam program kerja sama ini.

Tidak menutup kemungkinan kerja sama ini terus berlanjut untuk bidang perkapalan dengan PT PAL di Indonesia.

Kapal yang akan didatangkan Indonesia adalah enam kapal kelas Fremm dan dua kapal kelas Maestrale.

Kapal Maestrale pernah dipakai angkatan laut Italia dan akan dilakukan modernisasi oleh Fincantieri.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Serba Serbi

Lima Youngster Italia di Euro 2020

Jumat, 11 Juni 2021 | 19:14 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
19:22
IKUTI WEBINAR KOMPAS INSTITUTE BERTAJUK "BRAND STORY THROUGH MEDIA", DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   BI: ALIRAN MODAL ASING MASUK RP 10,54 TRILIUN DALAM PEKAN INI   IMF SEBUT PENGGUNAAN UANG KRIPTO DI EL SALVADOR BERPOTENSI BERMASALAH   AS AKAN MENYUMBANG 500 JUTA DOSIS VAKSIN COVID-19 UNTUK 92 NEGARA MISKIN   INDONESIA TAMBAH PASOKAN 1 JUTA VAKSIN COVID-19 BUATAN SINOPHARM   INDONESIA PERLU RP 3.461 T HINGGA 2030 UNTUK PERUBAHAN IKLIM   MENKEU SRI MULYANI: PLN KESULITAN MEMBUAT PEMBANGKIT LISTRIK RAMAH LINGKUNGAN KARENA BUTUH DANA BESAR   PGRI NAGEKEO, NTT, MINTA PENIKAM KEPALA SD INPRES NDORA DIHUKUM MATI   21 NARAPIDANA LAPAS PEREMPUAN KELAS IIA DENPASAR MASUK IGD KARENA MINUM DISINFEKTAN DENGAN MINUMAN KEMASAN   EKSPOR OTOMOTIF RI PERIODE JANUARI-APRIL 2021 NAIK 35,67%   PEMBUKAAN KEMBALI 3 JALUR PENDAKIAN GUNUNG MERBABU PADA 14 JUNI 2021 DIBATALKAN KARENA PENINGKATAN KASUS KORONA   PEMERINTAH DESA MANGUNSARI, MAGELANG, SEDIAKAN ODONG-ODONG ANTAR-JEMPUT WARGA LANSIA YANG DIVAKSIN COVID-19   KEMENDAGRI AKAN LAKUKAN PENYEDERHANAAN BIROKRASI TAHAP II   KEMENTERIAN PPPA: "CALL CENTER" SAHABAT PEREMPUAN DAN ANAK 129 ATAU WHATSAPP 0211-129-129