Kompas TV regional berita daerah

Sungai Disulap Jadi Wisata, Bangkitkan Ekonomi Pedesaan Saat Pandemi

Kompas.tv - 12 Juni 2021, 09:42 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Sebuah sungai kumuh dan kotor di Lumajang Jawa Timur disulap menjadi lokasi wisata yang ramai dikunjungi warga. Wisata sungai itu kini menjadi solusi penghasilan warga di tengah terpuruknya ekonomi akibat pandemi corona.

Jika jalan-jalan di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, belum lengkap rasanya, jika tidak nongkrong di wisata baru bernama Kali Sejuk yang ada Desa Purwosono Kecamatan Sumbersuko.

Seperti namanya, kali sejuk menawarkan konsep wisata alam nan sejuk yang berada di tepi sungai kecil dengan air bersih dan ditumbuhi rerimbunan pohon bambu. 

Baca Juga: 10 Wisata di Yogyakarta Ini Sudah Dibuka dan Bisa Dikunjungi, Mana Saja?

Di sepanjang aliran sungai berdiri sejumlah warung milik warga, yang menyuguhkan minuman kopi dan makanan khas Desa setempat. Tak heran jika tempat itu banyak dikunjungi warga untuk menghilang penat akibat rutinitas pekerjaan sehari-hari.

Kepala Desa Purwosono, Hendrik Dwi Martono mengatakan bahwa wisata itu terbentuk atas inisiasi Pemerintah Desa yang ingin merubah pola hidup masyarakat, yang awalnya suka membuang sampah sembarang, memandikan hewan ternak dan buang air besar di sungai.

Selain itu, Pemerintah Desa ingin membuka wisata alam dan kuliner untuk mendorong ekonomi warga agar tidak terus terpuruk di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Pesona Wisata Sungai Ombak

Inisiasi tersebut diapresiasi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten setempat. Bahkan jajaran Forkopimda ikut hadir dalam peresmian destinasi alam kali sejuk itu.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengatakan bahwa wisata sungai itu akan dijadikan percontohan bagi Desa lainnya agar bisa mengangkat potensi dan perekonomian Desa di tengah pandemi Covid-19.

Karena masih pandemi Covid-19, pemerintah selalu mewanti-wanti kepada para pengunjung untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Pemerintah juga memasang himbauan patuhi protokol kesehatan di sejumlah titik lokasi wisata.

#Sungai #Wisata #Pedesaan #EkonomiDesa #Lumajang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x