Kompas TV nasional wisata

10 Wisata di Yogyakarta Ini Sudah Dibuka dan Bisa Dikunjungi, Mana Saja?

Kompas.tv - 11 Juni 2021, 12:18 WIB
10-wisata-di-yogyakarta-ini-sudah-dibuka-dan-bisa-dikunjungi-mana-saja
Sunrise di Gunung Api Purba Nglanggeran (Sumber: gunungapipurba.com)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Eddward S Kennedy

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Wisata di Yogyakarta sudah dibuka. Pada masa adaptasi baru ini, Yogyakarta tetap menjadi tempat favorit masyarakat Indonesia untuk berwisata. 

Jika dalam waktu dekat berencana mengunjungi Kota Wisata dan Budaya ini, ada baiknya menjadikan 10 wisata di Yogyakarta yang sudah buka menjadi referensi tempat untuk dikunjungi.

Berikut Kompas TV rangkum 10 wisata di Yogyakarta yang sudah dibuka, Jumat (11/6/2021).

Sebelum berkunjung dipastikan kamu telah mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Hal tersebut sebagai antisipasi dan partisipasi wisatawan dalam meminimalisir penyebaran Covid-19 di Yogyakarta.

10 Wisata di Yogyakarta yang Sudah Dibuka

1. Goa Pindul

Goa Pindul adalah objek wisata berupa goa yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.

Wisatawan yang datang ke Goa Pindul dapat menikmati cave tubing atau susur goa dengan menggunakan ban dan pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam goa.

Soal keamanan tentu nomor satu, sebab selain dibekali pelampung. Wisatawan juga akan didampingi oleh guide serta menggunakan sepatu karet.

Objek wisata Goa Pindul buka setiap hari, mulai dari pukul 07.00 - 16.30 WIB.

2. Desa Wisata Srikeminut

Objek wisata ini terletak di Dusun Kedungmiri dan Wunut, Desa Sriharjo, Imogiri, Bantul. Di sana terdapat tiga titik wisata, yakni area terasering atau Bukit Sriharjo,area sepeda air, dan padusan banyu bening.

Selain itu, di sana juga ada kegiatan Techno Eco Park bagi pengunjung yang ingin mempelajari seputar cara bertani dengan teknik modern. Wisatawan juga dapat berfoto di sejumlah spot dengan pemandangan Sungai Oya. Selain spot foto dan wisata air, di lokasi ini juga tersedia aneka kuliner desa.

Desa Wisata Srikeminut buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 17.00 WIB pada hari biasa, dan mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB pada akhir pekan.

3. Tebing Breksi

Objek wisata ini berlokasi di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman dan termasuk wisata baru di Yogyakarta.

Selain sangat cocok untuk melihat Yogyakarta dari ketinggian, wisatawan yang datang ke lokasi ini juga dapat beraksi di banyak spot foto, salah satunya di ukiran batu. 

Jika datang pada sore hari, wisatawan dapat menikmati aneka kuliner yang tersedia sembari menikmati semilir angin di Tebing Breksi di kala senja.

Tebing Breksi buka setiap hari, mulai pukul 06.00 - 22.00 WIB.

4. Taman Pintar

Taman Pintar berlokasi di Jalan Panembahan Senopati nomor 1-3, Yogyakarta. Sejumlah wahana yang sudah bisa dikunjungi, yaitu Oval Kotak yang cocok untuk belajar sains, lalu Planetarium, Bahari, dan Kampung Kerajinan.

Taman Pintar buka Selasa-Kamis pukul 08.30-15.30 WIB, sedangkan Sabtu-Minggu buka pada pukul 08.30 - 16.00 WIB. Tempat wisata edukasi ini tutup setiap hari Senin.

5. Kalibiru

Kalibiru terletak di Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Wisata ini terletak pada ketinggian sekitar 450 meter di atas permukaan laut. Objek wisata ini merupakan wisata alam hutan kemasyarakatan yang dikelola oleh warga setempat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x