Kompas TV kolom catatan jurnalis

Euro 2020 antara Prancis, Bono U2, dan Harapan Mengakhiri Pandemi

Jumat, 11 Juni 2021 | 02:15 WIB
euro-2020-antara-prancis-bono-u2-dan-harapan-mengakhiri-pandemi
Euro 2020 (Sumber: Pixabay)

Oleh: Martian Damanik, Executive Producer KompasTV

Selamat datang salah satu hiburan terbesar di dunia, turnamen sepak bola antarnegara Benua Biru Eropa, Euro 2020. Setahun lebih warga di Planet Bumi ini muram akibat pandemi Covid-19. Saatnya melupakan sejenak urusan pandemi -bukan berarti melupakan protokol kesehatan- menikmati laga dan drama sepak bola yang dihadirkan dalam Euro 2020.

Juara bertahan Portugal akan tetap mengandalkan sang mega bintang Cristiano Ronaldo. Tapi jangan lupakan, bintang muda mereka Joao Felix yang baru mengantarkan Atletico Madrid menjadi juara Liga Spanyol, atau Bernardo Silva yang membawa Manchester City juara Liga Inggris.

Juara Piala Dunia Prancis menjadi tim yang paling favorit karena kualitas materi pemain utama dan cadangan sama baiknya. Kembalinya striker Real Madrid, Karim Benzema, semakin menambah kekuatan Les Blues.

Tapi, yang menjadi calon bintang Prancis kali ini adalah gelandang Chelsea, Ngolo Kante. Dia bukan Ronaldo atau Lionel Messi. Tapi dia bisa menguasai dan menjelajah lapangan tanpa rasa lelah.

Ajang Euro 2020 kali ini jadi pembuktian bagi striker Belgia, Romelu Lukaku, setelah Eden Hazard meredup akibat cedera. Lukaku yang baru membawa Internazionale Milan jadi jawara Serie A punya ambisi membuktikan bahwa generasi emas timnas Belgia bisa meraih gelar.

Inggris juga harus diperhitungkan dalam turnamen ini. Pemain muda mereka yang sukses menembus semifinal Piala Dunia 2018 saat ini dalam usia matang. Inggris kali ini bukan cuma Harry Kane. Ada pemain muda bintang Borussia Dortmund Jadon Sancho, Jack Grealish dari Aston Villa, dan Mason Mount yang baru mengantarkan Chelsea juara Liga Champions.

Satu tim yang juga menarik disaksikan adalah Turki. Setelah generasi emas Hakan Sukur dkk yang mampu menjadi juara ketiga Piala Dunia 2002, Burak Yiilmaz dan Yusuf Yacizi menjadi bintang Lille menjuarai Liga Prancis dan mengungguli klub kaya raya berisi pemain bintang PSG.

Caglar Soyuncu dan Cengiz Under membawa Leicester juara FA Cup Inggris. Hakan Calhanoglu mengantarkan AC Milan runner up Serie A Italia. Turki akan jadi daya tarik tersendiri karena permainan ngotot dan pantang menyerah.

Lalu, bagaimana dengan Jerman, Italia, atau Spanyol? Tiga tim nasional yang punya sejarah baik dalam turnamen antarnegara tentulah tak bisa diremehkan. Tim Panser punya pemain muda seperti Kai Havertz dan Timo Werner, dan masih diperkuat kiper terbaik di dunia Manuel Neuer.

Penulis : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


KOMPAS SPORT

Softball Jadi Laga Pembuka PON XX Papua

Sabtu, 25 September 2021 | 17:12 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
17:41
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19