Kompas TV kolom catatan jurnalis

Euro 2020 antara Prancis, Bono U2, dan Harapan Mengakhiri Pandemi

Jumat, 11 Juni 2021 | 02:15 WIB
euro-2020-antara-prancis-bono-u2-dan-harapan-mengakhiri-pandemi
Euro 2020 (Sumber: Pixabay)

Oleh: Martian Damanik, Executive Producer KompasTV

Selamat datang salah satu hiburan terbesar di dunia, turnamen sepak bola antarnegara Benua Biru Eropa, Euro 2020. Setahun lebih warga di Planet Bumi ini muram akibat pandemi Covid-19. Saatnya melupakan sejenak urusan pandemi -bukan berarti melupakan protokol kesehatan- menikmati laga dan drama sepak bola yang dihadirkan dalam Euro 2020.

Juara bertahan Portugal akan tetap mengandalkan sang mega bintang Cristiano Ronaldo. Tapi jangan lupakan, bintang muda mereka Joao Felix yang baru mengantarkan Atletico Madrid menjadi juara Liga Spanyol, atau Bernardo Silva yang membawa Manchester City juara Liga Inggris.

Juara Piala Dunia Prancis menjadi tim yang paling favorit karena kualitas materi pemain utama dan cadangan sama baiknya. Kembalinya striker Real Madrid, Karim Benzema, semakin menambah kekuatan Les Blues.

Tapi, yang menjadi calon bintang Prancis kali ini adalah gelandang Chelsea, Ngolo Kante. Dia bukan Ronaldo atau Lionel Messi. Tapi dia bisa menguasai dan menjelajah lapangan tanpa rasa lelah.

Ajang Euro 2020 kali ini jadi pembuktian bagi striker Belgia, Romelu Lukaku, setelah Eden Hazard meredup akibat cedera. Lukaku yang baru membawa Internazionale Milan jadi jawara Serie A punya ambisi membuktikan bahwa generasi emas timnas Belgia bisa meraih gelar.

Inggris juga harus diperhitungkan dalam turnamen ini. Pemain muda mereka yang sukses menembus semifinal Piala Dunia 2018 saat ini dalam usia matang. Inggris kali ini bukan cuma Harry Kane. Ada pemain muda bintang Borussia Dortmund Jadon Sancho, Jack Grealish dari Aston Villa, dan Mason Mount yang baru mengantarkan Chelsea juara Liga Champions.

Penulis : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Ribuan Miras Ilegal Dimusnahkan

Jumat, 11 Juni 2021 | 01:28 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
02:17
TIM BISBOL AUSTRALIA MENARIK DIRI DARI KUALIFIKASI OLIMPIADE TOKYO KARENA PANDEMI COVID-19   PM JEPANG YOSHIHIDE SUGA: VAKSINASI COVID-19 DI SELURUH JEPANG AKAN TUNTAS PADA NOVEMBER 2021   IOC AKAN BAHAS AGENDA KEHADIRAN PENONTON LANGSUNG PADA LAGA-LAGA OLIMPIADE DAN PARALIMPIK TOKYO   KOMITE OLIMPIADE INTERNASIONAL (IOC): PERKAMPUNGAN ATLET OLIMPIADE TOKYO AKAN DIBUKA PADA 14 JULI 2021   "TRAVEL BUBBLE" YANG DIBUKA OLEH KOREA SELATAN HANYA BERLAKU BAGI YANG TELAH DIVAKSIN COVID-19 SECARA LENGKAP   KOREA SELATAN AKAN BUKA "TRAVEL BUBBLE" DENGAN SINGAPURA, TAIWAN, DAN THAILAND   PRIA PELAKU PENAMPARAN PRESIDEN PERANCIS EMMANUEL MACRON TERANCAM HUKUMAN 3 TAHUN PENJARA   POLDA SULSEL SEBUT WABUP SANGIHE HELMUD HONTONG MENINGGAL DI PESAWAT KARENA TERKENA SERANGAN JANTUNG   GUBERNUR GANJAR PRANOWO INGATKAN SELURUH PIMPINAN DAERAH DI JATENG MENGANTISIPASI PENINGKATAN KASUS KORONA   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO MINTA PROSES VAKSINASI COVID-19 DIPERCEPAT LANTARAN ADA PENINGKATAN KASUS KORONA   PEMKAB SUKOHARJO TIDAK AKAN IZINKAN SEKOLAH GELAR TATAP MUKA JIKA MASIH ADA GURU YANG BELUM DIVAKSINASI COVID-19   PEMERINTAH TARGETKAN SERTIFIKASI TENAGA KERJA KONSTRUKSI (TKK) PADA 2022 SEBANYAK 81.200 ORANG   MENDAG M LUTFI: EKONOMI DIGITAL INDONESIA AKAN TUMBUH 8 KALI LIPAT PADA 2030   SURVEI LEMBAGA RISET IDEAS: 20% KELUARGA MISKIN DI METROPOLITAN TIDAK PERNAH TERIMA BANSOS PEMERINTAH