Kompas TV euro 2020 serba serbi

Stadion Arena Nationala: Markas Tiga Tim di Rumania yang Jadi Venue Euro 2020

Kompas.tv - 5 Juni 2021, 16:55 WIB
stadion-arena-nationala-markas-tiga-tim-di-rumania-yang-jadi-venue-euro-2020
Stadion Arena Nationala (Sumber: The Stadium Guide)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Eddward S Kennedy

BUCHAREST, KOMPAS.TV - Stadion Arena Nationala yang terletak di Kota Bucharest, Rumania mendapat kepercayaan untuk menghelat sejumlah laga Euro 2020.

Selesai dibangun pada 2011 silam, hingga saat ini, Arena Nationala telah menjadi markas dari tiga tim sepak bola, yakni Tim Nasional (Timnas) Rumania, Steua Bucharest, dan Dinamo Bucharest.

Disebut juga sebagai The National Arena, stadion ini merupakan yang terbesar di Rumania, dengan kapasitas penonton mencapai 55.634 tempat duduk.

Ciri khas dari stadion ini tidak lain adalah teknologi canggih retractable roof alias atap yang bisa dibuka tutup secara otomatis, yang membuatnya seakan identik dengan Stadion Nasional di Warsawa, Polandia.

Baca Juga: Jadi Venue Euro 2020, Berikut Riwayat Stadion La Cartuja de Sevilla

Meski begitu, desain atap dengan teknologi retractable roof ternyata berdampak pada biaya pembangunan yang membengak hingga 20 juta euro.

Selain itu, kontroversi berupa keterlambatan selama 20 pekan juga sempat mewarnai proses pembangunan stadion yang menelan dana sebesar 234 juta euro ini.

Melansir dari The Stadium Guide, Arena Nationala sejatinya dibangun di atas lahan bekas stadion lama yang bernama Stadionul National Lia Manoliu, nama seorang atlet terkenal di Rumania.

Stadionul National sendiri berdiri sejak 1953 dengan tujuan untuk menggelar 4th World Festival of Youth and Students, dan akhirnya ditutup pada 2007.

Baca Juga: Italia Bungkam Rep. Ceko, Roberto Mancini: Hasil Memuaskan Jelang Euro 2020.

Sedangkan, Arena Nationala resmi dibuka pada 6 September 2011 yang bertepatan dengan laga Kualifikasi Euro 2012 Grup D antara Timnas Rumania lawan Prancis.

Pertandingan itu pun berakhir imbang dengan skor 0-0, dan penonton yang datang ke stadion berjumlah 49.137.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x