Kompas TV regional kriminal

Satu Jam Bobol Empat Mesin ATM, Komplotan Ini Gasak Rp400 Juta, Polisi: Mereka Penjahat Profesional

Kompas.tv - 5 Juni 2021, 16:54 WIB
satu-jam-bobol-empat-mesin-atm-komplotan-ini-gasak-rp400-juta-polisi-mereka-penjahat-profesional
Fotoi rekaman CCTV diduga pelaku ATM di Mega Mart Sungailiat, Kabupaten Bangka, Jumat (4/6/2021). (Sumber: rekaman CCTV/Bangkaspos.com)
Penulis : Gading Persada | Editor : Eddward S Kennedy

BANGKA, KOMPAS.TV- Kepolisian Resor (Polres) Bangka, Provinsi Bangka Belitung masih mengejar komplotan pelaku yang merusak dan membobol 4 mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di Mega Mart Sungailiat Kabupaten Bangka, Jumat (4/6/2021).

Polisi pun menyebut pelaku pembobolan yang menyebabkan raibnya uang tunai hampir Rp400 juta itu sebagai penjahat profesional.

Kapolres Bangka AKBP Widi Haryawan mengatakan berdasarkan rekaman CCTV yang berada di ruang ATM Mega Mart Sungailiat diketahui pelaku merupakan penjahat profesional.

Baca Juga: Buset, 4 Mesin ATM Dirusak Sekaligus di Bangka, Uang Tunai Hampir Rp400 Juta Melayang

Dari durasi CCTV mereka menjebol ATM sekitar 1 jam dan menggondol uang hampir Rp400 juta dari dua mesin ATM Bank BUMN.

Sedangkan dua ATM lain gagal diambil uangnya walaupun mesin juga telah dirusak mereka.

"Mereka penjahat profesional dari rekaman CCTV kurang lebih 1 jam mereka menjebol mesin ATM. Dua mesin berhasil diambil uangnya, yang satu Rp 194 Juta satu lagi lebih dari Rp200 juta," kata Widi.

Menurutnya, diperkirakan pelaku lebih dari 4 orang. Sebab dari rekaman CCTV terlihat ada 4 orang memasuki ruangan ATM dan melakukan penjebolan ATM.

"Di CCTV ada 4 orang yang di dalam ruang ATM belum lagi yang mungkin stand by (bersiap) di luar atau di mobil," ungkapnya.

Baca Juga: Komplotan Pembobol Mesin ATM Tabrak Mobil Polisi Saat Ketahuan, 2 Orang Melompat ke Laut

Foto rekaman CCTV diduga saat pelaku pembololan ATM di Mega Mart Sungailiat, Kabupaten Bangka, beraksi menggunakan las, Jumat (4/6/2021). (Sumber: Sumber: rekaman CCTV/Bangkaspos.com)

Widi Haryawan mengatakan anggota Buser Polres Bangka dan Sat Reskrim Polres Bangka masih melakukan pengejaran dan pendalaman.

Dari rekaman CCTV di lokasi sejumah ciri ciri pelaku sudah dikantongi temasuk kendaraan yang digunakan. 

Diketahui juga kalau pelaku menggunakan las untuk membongkar dan membuka brankas di mesin ATM tersebut. Tak hanya itu dalam rekaman juga tampak salah satu pelaku dengan menggunakan linggis mencoba untuk mencongkel brankas mesin ATM.

Polisi juga memintai keterangan warga disekitar dan penjaga malam yang pulang lebih dulu sebelum kejadian.

"Mohon doanya juga informasi jika masyakarat mengetahu hal sekecil apapun yang mencurigakan terkait kejadian pembobolan ATM tadi," tandas dia seperti dikutip dari Bangkapos.com.

Baca Juga: Komplotan Maling Bobol Mesin ATM, Uang Rp350 Juta Raib



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x