Kompas TV regional update corona

Ponpes Gus Baha Dapat Alat GeNose dari UGM

Jumat, 4 Juni 2021 | 13:13 WIB
ponpes-gus-baha-dapat-alat-genose-dari-ugm
UGM menyerahkan alat deteksi Covid-19, GeNose, ke pondok pesantren milik Gus Baha di Rembang Jawa Tengah, Rabu (3/6/2021). (Sumber: istimewa)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Universitas Gadjah Mada  menyerahkan alat deteksi Covid-19, GeNose, ke pondok pesantren milik Gus Baha di Rembang Jawa Tengah, Rabu (3/6/2021). Penyerahan GeNose ke Pondok Pesantren Al Quran yang berlokasi di Desa Narukan, Kecamatan Kragan ini untuk memperkenalkan inovasi alat deteksi Covid-19 UGM.

“Kami harap alat ini bisa digunakan di lingkungan pesantren untuk mendeteksi jika ada yang terpapar Covid-19, tetapi tentu kami berharap lingkungan pesantren terbebas dari Covid-19,” ujar Rektor UGM Panut Mulyono, seusai menyerahkan GeNose kepada Gus Baha secara simbolis.

Produksi GeNose terus ditingkatkan seiring dengan tingginya permintaan masyarakat. Khusus di lingkungan pondok pesantren,  UGM sudah menggandeng lembaga Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) PBNU untuk mendistribusikan GeNose.

Baca Juga: Penumpang Terminal Masih Sepi Petugas Sediakan Tes Genose

KH Bahaudin Nursalim atau yang akrab disapa Gus Baha mengapresiasi langkah UGM yang ikut memperhatikan kesehatan para santri.

“GeNose jadi kebanggaan rakyat Indonesia, karena kita punya penemuan sendiri dan ini bentuk ikhtiar menghasilkan alat deteksi Covid-19,” ucapnya.

Menurut Gus Baha, keberadaan GeNose bisa membuat masyarakat memiliki pilihan tes Covid-19 yang lebih murah dan mudah. Ia berkeinginan banyak orang bisa terinspirasi dan menghasilkan inovasi di berbagai bidang sains dan teknologi.

Baca Juga: Kalibrasi GeNose Bikin Sistem Makin Konsisten dan Seragam untuk Deteksi Covid-19

Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:37
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19