Kompas TV nasional update corona

5 Provinsi Penyumbang Terbanyak Kasus Covid-19 Seminggu Terakhir, dari Jawa Barat sampai Riau

Kompas.tv - 1 Juni 2021, 18:08 WIB
5-provinsi-penyumbang-terbanyak-kasus-covid-19-seminggu-terakhir-dari-jawa-barat-sampai-riau
Suasana ruang isolasi pasien Covid-19 di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Depok, Jawa Barat. 5 provinsi menyumbang kenaikan kasus Covid-19 minggu lalu. (Sumber: Dok. RSUI)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengungkapkan, angka kasus Covid-19 baru usai libur lebaran 2021. Wiku menyebut 5 provinsi menyumbang 40 ribu kasus dalam sepekan.

Angka kasus baru Covid-19 adalah catatan data sepanjang 24 Mei hingga 30 Mei 2020. Wiku menyebut, provinsi-provinsi di Pulau Jawa menyumbang sebagian 53% kasus pada minggu lalu.

Baca Juga: Kasus Aktif Covid-19 Kembali di Atas 100 Ribu 2 Minggu Pasca Lebaran

Padahal, hanya ada 6 provinsi di Pulau Jawa. Hal ini tak terlepas dari kepadatan penduduk pulau ini.

“Enam provinsi di Pulau Jawa mampu menyumbang lebih dari setengah total kasus nasional. Hal ini dapat terjadi dikarenakan Pulau Jawa merupakan pulau dengan penduduk paling padat di Indonesia, yaitu 145 juta jiwa atau 55 persen dari total penduduk di Indonesia,” beber Wiku dalam konferensi pers virtual, Selasa (1/6/2021).

"Pulau Jawa juga didominasi oleh kota kota besar di Indonesia dan didukung oleh fakta bahwa ibu kota Indonesia berada di Pulau Jawa, yaitu DKI Jakarta,” tambah Wiku.

Tak cuma itu, jumlah penduduk yang mudik menjelang perayaan hari raya Idul Fitri di Pulau Jawa juga menyebabkan kenaikan kasus Covid-19.

Wiku mengatakan, ada tiga provinsi tujuan mudik teratas, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur.

Baca Juga: Sedihnya Pengantin di Sragen Ini, Pesta Resepsi Batal Digelar karena Kedua Mempelai Positif Covid-19




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x