Kompas TV regional berita daerah

Pasca Lebaran, Kasus Covid-19 Klaster Permukiman Meningkat, Ruang Ventilator Disiagakan

Kompas.tv - 31 Mei 2021, 21:03 WIB
Penulis : KompasTV Jember

MALANG - JEMBER, KOMPAS.TV - 2 pekan pasca lebaran, muncul 3 klaster pemukiman di Kota Malang Jawa Timur. Munculnya klaster itu, disebabkan banyaknya warga menerima tamu saat lebaran. Sementara di Jember Jawa Timur, pemerintah tetap menyiagakan ruangan dengan ventilator untuk mengantisipasi lonjakan kasus covid pasca lebaran.

Wali Kota Malang, Sutiaji menyebutkan dalam kurun waktu 2 pekan pasca lebaran, muncul 3 klaster permukiman di Kota Malang Jawa Timur. Yang pertama di kawasan Perumahan Bukit dan Permata Hijau Tlogomas, kedua di Jalan Lowokdoro, dan ketiga di Jalan Tretes Selatan Lowokwaru Kota Malang. Dari klaster permukiman itu, ada 2 pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

Munculnya klaster permukiman salah satunya disebabkan oleh banyaknya warga yang menerima tamu saat lebaran. Kini pemerintah fokus melakukan tracing dan testing agar penularan virus corona tidak semakin meluas.

Wali Kota Malang meminta warga tidak menganggap remeh Covid-19 dan meminta warga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Warga dihimbau untuk saling mengingatkan dan saling menjaga antar warga.

Baca Juga: Seorang Warga Positif Covid-19 Usai Lebaran di Luar Kota, 9 Anggota Keluarga dan Tetangga Tertular

Sementara, rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Jember Jawa Timur, yakni rumah sakit dr. Soebandi, tetap menyediakan ruang khusus perawatan pasien positif Covid-19. Ruang khusus itu terdiri dari ruang tekanan negatif dengan ventilator, ruang negatif tanpa ventilator, dan ruang tanpa tekanan negatif.

Menurut Wakil Direktur Pelayanan RS dr. Soebandi Jember, dr. Bagas Kumoro, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pasca lebaran.

Rumah sakit dr. Soebandi sendiri telah memeriksa kesehatan delapan ratus lebih Pekerja Migran Indonesia, yang mudik dari luar negeri saat lebaran. Pemeriksaan dilakukan  untuk memastikan pekerja migran benar-benar bebas Covid-19.

Baca Juga: 2 Pekerja Migran Indonesia asal Jember dan Sampang Terinfeksi Covid Varian Baru

Warga di Jawa Timur diminta untuk tetap waspada dan patuh pada protokol kesehatan, karena rata-rata kasus harian Covid-19 masih tinggi, yakni mencapai 249 kasus pada 30 Mei 2021.

 

#Lebaran #KasusCovid-19 #VirusCorona #IdulFitri #KlasterPermukiman #Malang #Jember #RumahSakit #Ventilator



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x