Kompas TV nasional sosial

Pemprov DKI Siagakan Pompa Air Antisipasi Banjir Rob akibat Gerhana Bulan Total

Kompas.tv - 26 Mei 2021, 21:05 WIB
pemprov-dki-siagakan-pompa-air-antisipasi-banjir-rob-akibat-gerhana-bulan-total
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengumumkan dirinya sembuh dari Covid-19. (Sumber: Instagram @bangariza)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemprov DKI Jakarta telah menyiagakan pompa air untuk mengantisipasi potensi bajir akibat air pasang atau rob di wilayah pesisir utara Jakarta akibat gerhana bulan total.

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelsakan siaga pompa air dan membuat tanggul dalam antisipasi banjir rob sudah menjadi program Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta.

Selain itu, Pemprov DKI juga telah berkoordinasi dengan BNPB, BPBD DKI dan relawan dalam mengantisipasi banjir rob akibat gerhana bulan total.

Baca Juga: Gerhana Bulan Total, Waspada Banjir Rob Terjadi di Beberapa Daerah!

"Memang sudah rutin ya. Ketika bulan purnama terjadi air pasang di wilayah utara. Masyarakat utara sudah paham. Sudah disiapkan tanggul-tanggul dan pompa-pompa untuk mengurangi dan menghilangkan banjir rob," ujar Ahmad Riza usai hadiri acara di Warung Buncit, Jakarta Selatan, Rabu (26/5/2021).

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat di daerah pesisir mewaspadai terhadap potensi terjadinya banjir rob terkait akan terjadinya gerhana bulan total atau super blood moon Rabu (26/5/2021) malam.

"Gerhana bulan total yang akan terjadi dikenal dengan istilah super blood moon. Pada saat itu, bulan akan berwarna merah yang terlihat dengan ukuran relatif lebih besar dari fase bulan purnama biasa," ujar Kepala BBMKG Wilayah I Medan Hartanto dalam keterangan tertulisnya.

Hartanto menjelaskan super blood moon mempengaruhi ketinggian pasang surut air laut. Sebab posisi bulan, bumi dan matahari yang sejajar akan mengakibatkan gaya tarik terhadap air laut lebih tinggi.

Baca Juga: Link Live Streaming Pengamatan Gerhana Bulan Total Malam Ini, Rabu 26 Mei 2021

Hal itu akan membuat pasang air laut lebih tinggi sehingga menyebabkan banjir rob.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x