Kompas TV video sinau

Mengenal Olahraga Sepak Bola: Sejarah dan Teknik Dasar Permainan

Kompas.tv - 24 Mei 2021, 18:30 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Sepak bola adalah salah satu olahraga terbesar dan terpopuler di dunia, dan digemari banyak orang termasuk Indonesia.

Dikutip dari buku Sepak Bola (2019) karya Ina Hasanah, permainan sepak bola sudah dikenal sekitar abad ke-2 hingga ke-3.

Pertama kali dimainkan di China oleh para tentara untuk melatih fisik, tepatnya pada zaman Chun Qiu Zhan Guo (musim semi musim gugur negara berperang).

Saat itu, sepak bola dikenal dengan istilah Tsu Chu. Tsu, yang artinya menerjang bola dengan kaki, sedangkan Chu artinya bola dari kulit dan ada isinya.

Seiring berjalannya waktu, sepak bola terus berkembang di berbagai negara. Bahkan beberapa negara mengklaim sebagai tempat lahirnya sepak bola.

Pada sepak bola modern, permainannya cenderung brutal dan menggunakan kekerasan, sehingga banyak menuai permasalahan.

Dikutip dari Edmonton Journal, bahkan Raja Edward III dari Inggris dan Raja James I dari Skotlandia sempat melarang permainan sepak bola.

Pada 1863, Fremasons Tavern membuat aturan baku untuk permainan sepak bola dan terus berkembang, mulai dari pembentukan aturan main, wasit, dan lain sebagainya.

Pada 21 Mei 1904 induk organisasi sepak bola dunia didirikan dengan nama Federation Internationale de Football Association atau yang lebih dikenal dengan FIFA.

FIFA didirikan oleh Perancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swiss serta Swedia. Kejuaraan dunia sepak bola pertama kali diadakan di Uruguay, pada 1930.

Bagi pesepak bola, penting untuk menguasai teknik dasar permainan sepak bola, sebagai bekal awal untuk meningkatkan kemampuan para pemain ke depannya.

Adapun teknik dasar sepak bola yang harus dikuasai oleh pemain adalah:

- Mengoper bola (passing the ball)

- Mengontrol atau menghentikan bola (controlling the ball)

- Menggiring bola (dribbling the ball)

- Menembak bola (shooting the ball)

- Menyundul bola (heading)

- Menjaga gawang (goal keeping)

(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x