Kompas TV internasional kompas dunia

Vietnam Siapkan Masterplan 2030 untuk Transportasi, Telan Dana Sebesar Rp 927,7 triliun

Kompas.tv - 20 Mei 2021, 18:10 WIB
vietnam-siapkan-masterplan-2030-untuk-transportasi-telan-dana-sebesar-rp-927-7-triliun
Persimpangan Jalan Tol Ha Long-Van Don di Vietnam utara. (Sumber: VnExpress via KOMPAS.COM)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Eddward S Kennedy

HANOI, KOMPAS.TV - Sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia, Vietnam tengah membuat rencana induk atau masterplan 2030 untuk pengembangan infrastruktur transportasi.

Melansir VnExpress, Kementerian Perhubungan Vietnam mengumumkan rencana induk 2030 untuk infrastruktur transportasi tersebut akan menelan dana sebesar USD 65 miliar atau Rp 927,7 triliun.

Dengan penyerapan anggarannya akan digunakan untuk renovasi infrastruktur jalan raya, pembangunan jalan tol, kereta api, jalur air pedalaman, laut dan udara.

Baca Juga: KKP Kembali Menangkap 6 Kapal Vietnam di Perairan Natuna

Lebih lanjut, Departemen Perhubungan dan Institut Strategi di bawah Kementerian Perhubungan Vietnam telah membuat tiga proposal berbeda yang bervisi hingga 2050.

Dengan maksud supaya masterplan infrastruktur transportasi tersebut dapat terlaksana pada periode 2021 hingga 2030.

Baca Juga: Pejabat KKP Ungkap Banyak Nelayan Vietnam Tangkap Ikan di Laut Indonesia

Pada proprosal pertama, disebutkan bakal menelan biaya sekitar USD 43,3 miliar yang setara dengan Rp 613 triliun, atau 1,1 persen dari PDB negara tersebut.

Lewat anggaran sebesar itu, jalan tol sepanjang 5.000 kilometer akan dibangun, pembangunan Bandara Internasional Long Thanh akan diselesaikan, dan pelabuhan laut dalam Lach Huyen yang berada di kota Hai Phong.

Termasuk, dua rute kereta api berkecepatan tinggi antara Hanoi dan Vinh, Ibu Kota Provinsi Nghe An tengah utara, dan Kota Ho Chi Minh dan Nha Trang, kota pantai di Provinsi Khanh Hoa tengah-selatan.

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi RI Masih Minus di Kuartal-I 2021, Kalah dari Vietnam dan Singapura

Selanjutnya, proposal kedua memiliki perkiraan biaya investasi hingga USD 53,13 miliar atau sekitar 1,3 persen dari PDB Vietnam.

Dalam rencana anggaran kedua ini akan digunakan untuk menyelesaikan 5.000 kilometer jalan tol dan membangun dua kereta api berkecepatan tinggi.

Ditambah, penyelesaian dua ruas rel kereta api yang menghubungkan Pelabuhan Lach Huyen dengan Terminal Peti Kemas Internasional Tan Cang-Cai Mep di Provinsi Ba Ria-Vung Tau yang berbatasan dengan Kota Ho Chi Minh.

Baca Juga: Dorong Gencatan Senjata dan Serukan Perdamaian, Menlu Jerman akan Sambangi Israel dan Palestina

Selain itu, dalam proposal kedua, juga ada pekerjaan renovasi jalan dan jembatan kereta api di atas Sungai Duong di Hanoi dan peningkatan Kanal Cho Gao yang menghubungkan Kota Ho Chi Minh dan Delta Mekong serta Cai Mep.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x