Kompas TV nasional berita utama

Presiden Jokowi Ingin Ruang Digital Dibanjiri Konten Positif, Kreatif, dan Mendidik

Kompas.tv - 20 Mei 2021, 11:00 WIB
presiden-jokowi-ingin-ruang-digital-dibanjiri-konten-positif-kreatif-dan-mendidik
Presiden Jokowi dalam Peluncuran Program Literasi Digital Nasional, Kamis (20/5/2021) (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Jokowi menuturkan semua pihak mempunyai kewajiban bersama untuk terus meminimalkan konten negatif. Caranya, kata Presiden, dengan membanjiri ruang digital dengan konten-konten positif.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam Peluncuran Program Literasi Digital Nasional, Kamis (20/5/2021).

“Banjiri terus, isi terus dengan konten-konten positif,” ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Kabupaten Tulungagung Terima 651 Permohonan Izin Hajatan

“Kita harus tingkatkan kecakapan digital masyarakat, agar mampu menciptakan lebih banyak konten-konten kreatif yang mendidik yang menyejukkan yang menyerukan perdamaian,” tambah Presiden Jokowi.

Presiden Joko Widodo menuturkan, saat ini tantangan di ruang digital semakin besar dan patut diwaspadai. Lantaran, konten negatif di ruang digital terus bermunculan dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca Juga: Wali Kota Malang akan Lunasi Utang Pinjol Guru TK dengan Dana Baznas

“Tantangan di ruang digital semakin besar, sangat besar, konten-konten negatif terus bermunculan,” kata Presiden Jokowi.

“Kejahatan di ruang digital terus meningkat, hoaks, penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual pada anak, perlindungan cyber, ujaran kebencian, radikalisme berbasis digital perlu terus diwaspadai karena mengancam persatuan dan kesatuan bangsa,” tambahnya.

Di samping itu, Presiden Jokowi juga berkeinginan penggunaan internet bisa meningkatkan produktivitas masyarakat membuat UMKM naik kelas.

Baca Juga: TNI Sebut KKB di Papua Pimpinan Lamek Taplo Dalang Penyerangan 12 Tentara

“Perbanyak UMKM onboarding ke platform e-commerce. Sehingga internet bisa memberi nilai tambah ekonomi bagi seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden menyampaikan literasi digital adalah kerja besar. Pemerintah, kata Presiden Jokowi, tidak bisa bekerja sendirian.

“Perlu mendapatkan dukungan seluruh komponen bangsa agar semakin banyak masyarakat yang melek digital,” ucapnya.

Baca Juga: Kasus Guru TK Terlilit Utang Pinjol, OJK Selidiki Pelanggaran Pinjol Resmi

Dalam pernyataannya, Presiden Jokowi mengungkapkan telah memberikan apresiasi kepada 110 lembaga dan berbagai komunitas yang terlibat dalam program literasi digital nasional.

“Saya harap gerakan ini menggelinding dan terus membesar, bisa mendorong berbagai inisiatif di tempat lain, melakukan kerja-kerja konkret di tengah masyarakat,” katanya.

“Agar makin cakap memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif,” tutup Presiden Jokowi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x