Kompas TV regional berita daerah

Siapa Abdi Dalem Musikan Keraton Yogyakarta yang Ikut Pencanangan Gerakan Indonesia Raya Bergema?

Kompas.tv - 15 Mei 2021, 12:15 WIB
siapa-abdi-dalem-musikan-keraton-yogyakarta-yang-ikut-pencanangan-gerakan-indonesia-raya-bergema
Kelompok abdi dalem musikan Keraton Yogyakarta juga akan ikut berpartisipasi dalam pencanangan gerakan Indonesia Raya Bergema (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Eddward S Kennedy

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Kelompok abdi dalem musikan Keraton Yogyakarta juga akan ikut berpartisipasi dalam pencanangan gerakan Indonesia Raya Bergema. Gerakan ini akan dicanangkan oleh Gubernur DIY bertepatan dengan momentum Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2021 pukul 09.00 WIB.

Kelompok abdi dalem musikan akan memeriahkan acara dengan tampil di Kagungan Dalem Bansal Mandalasana Keraton Yogyakarta.

Sejumlah lagu-lagu nasional bernafaskan perjuangan akan dipentaskan untuk mendukung Indonesia Raya Bergema sebagai gerakan kebangsaan berkelanjutan menggelorakan nasionalisme rakyat. 

“Pentas Musikan Mandalasana rutin digelar bertepatan dengan peringatan hari-hari besar nasional termasuk Hari Kebangkitan Nasional tahun ini,” ujar Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan Kridhomardowo KPH Notonegoro, Jumat (14/5/2021).

Baca Juga: Wali Kota dan Bupati Dukung Gerakan Indonesia Raya Bergema, Pemda DIY Siapkan Surat Edaran

Keberadaan abdi dalem musikan sebagai korps musik barat Keraton Yogyakarta sudah ada sejak era Sultan HB VIII (1921 - 1939). Namun, sempat vakum di periode selanjutnya selama beberapa dekade.

Pada masa lalu, abdi dalem musikan tampil untuk keperluan seremonial dan hiburan dalam acara-acara yang melibatkan pemerintah kolonial serta tamu-tamu kerajaan yang berkunjung ke Keraton Yogyakarta.

Keberadaan abdi dalem musikan kembali hidup dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Biasanya mereka tampil untuk melengkapi sajian budaya bagi para wisatawan yang berkunjung ke Keraton Yogyakarta.

Para pemusiknya terdiri dari sejumlah abdi dalem, akademisi maupun pelaku seni yang berkecimpung dalam dunia musik. Kemunculan kembali abdi dalem musikan disambut antusias publik.

Jejak historis eksistensi abdi dalem musikan dapat dilacak dalam toponim nama kampung. Di sisi timur persis pagelaran Keraton Yogyakarta terdapat nama kampung Musikanan.

Baca Juga: Dukungan untuk Gerakan Indonesia Raya Bergema dari Slank sampai Inul Daratista

Kampung tersebut ditempati oleh para abdi dalem musikan yang tergabung dalam sejumlah kelompok korps musik Keraton di masa lampau.

Ayah dari maestro violis Idris Sardi juga berasal dari kampung Musikanan. Masa kecil Idris Sardi kental dengan aktivitas musik di kampung Musikanan.

Pencanangan gerakan Indonesia Raya Bergema disiarkan secara live streaming lewat sejumlah kanal media sosial antara lain melalui Humas Pemda DIY, Dinas Kominfo DIY dan Keraton Yogyakarta.

Masyarakat luas dapat menyimak dan mengikuti rangkaian acara yang diharapkan menjadi awal gerakan pengumandangan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara kontinu setiap pagi di ruang-ruang publik. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x