Kompas TV nasional agama

Arti 'Minal Aidin Wal Faizin' yang Sering Diucapkan Saat Lebaran

Kamis, 13 Mei 2021 | 09:53 WIB
arti-minal-aidin-wal-faizin-yang-sering-diucapkan-saat-lebaran
Ilustrasi Lebaran Idulfitri 2021. (Sumber: Tribun Ramadan)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri di kalangan masyarakat Indonesia, erat kaitannya dengan ucapan 'Minal aidin wal faizin'.

Beserta ungkapan pelengkapnya, yaitu 'Mohon maaf lahir dan batin', yang digunakan oleh banyak kalangan untuk saling memaafkan satu sama lain.

Namun, antara kedua ungkapan tersebut, apakah ada hubungan yang kemudian menjadikannya sebagai ucapan khas Lebaran hingga saat ini?

Baca Juga: Ucapan Hari Raya Idul Fitri dari Wadubes Amerika Serikat Heather Variava

Melansir dari Kompas.com, Kamis (!3/5/2021), Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama IAIN Surakarta, Syamsul menjelaskan bahwa ucapan 'minal aidin wal faizin' merupakan potongan dari sebuah doa.

"Sebenarnya itu potongan (doa), lengkapnya 'Ja'alanallah minal aidin wal faizin.," kata pengasuh Ponpes Darul Afkar Klaten tersebut.

Arti dari ungkapan doa itu, disebutkan Syamsul, adalah 'Semoga Allah menjadikan kita termasuk dalam golongan orang-orang yang kembali dan orang-orang yang memperoleh kemenangan'.

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Purwanto





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:56
ARSENAL RAIH 3 POIN SETELAH KALAHKAN CHELSEA 1-0 DI LAGA PEKAN KE-36 LIGA PRIMER INGGRIS   ASOSIASI BULU TANGKIS SINGAPURA (SBA) DAN FEDERASI BULU TANGKIS DUNIA UMUMKAN SINGAPORE OPEN 2021 BATAL DIGELAR   WAGUB SUMATERA BARAT AUDY JOINALDY SEBUT POTENSI ZAKAT BERI DAMPAK POSITIF PEREKONOMIAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI SEBUT LEBARAN TAHUN INI LEBIH SEMARAK DIBANDING TAHUN SEBELUMNYA   PEMKOT TANGERANG AJAK MASYARAKAT UNTUK MENDOAKAN UMAT MUSLIM DI PALESTINA   KEMENTERIAN KESEHATAN AKAN PERCEPAT PROSES VAKSINASI COVID-19 USAI LEBARAN   MENHUB BUDI KARYA SUMADI AKUI PEMUDIK JALUR DARAT BUAT PETUGAS KEWALAHAN   MENTERI LUAR NEGERI RETNO MARSUDI AJAK MASYARAKAT INDONESIA UNTUK BERIKHTIAR KELUAR DARI PANDEMI   MENTERI AGAMA YAQUT CHOLIL QOUMAS: SEMOGA IBADAH SAAT PANDEMI DAPAT TINGKATKAN KETAKWAAN   MENKOMINFO JOHNNY G PLATE AJAK MASYARAKAT SILATURAHMI LEBARAN SECARA DIGITAL   RIBUAN ANGGOTA JEMAAH LAKSANAKAN SHALAT IDUL FITRI DI MASJID AL-AZHAR, JAKARTA SELATAN   GELAR SHALAT ID, MASJID KERAMAT LUAR BATANG DIPADATI JEMAAH   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN LAKSANAKAN SHALAT ID DI RUMAH PRIBADI DAN TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   PRESIDEN JOKOWI DAN IBU NEGARA LAKSANAKAN SHALAT ID DI HALAMAN ISTANA BOGOR, JAWA BARAT