Kompas TV regional berita daerah

Alquran Bahasa Dayak Kanayatn, Alquran Terjemahan Bahasa Daerah Pertama di Indonesia

Rabu, 12 Mei 2021 | 09:01 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Inilah surah Al- Hujarat ayat 13 sekaligus terjemahan dalam Bahasa Dayak Kanayatn yang dibacakan oleh Muhammad Damanhuri, di Rumah Pembinaan Muallaf Kalbar, Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Bansir Laut, Kecamatan Pontianak Tenggara.

Dayak Kanayatn merupakan salah satu sub Suku Dayak di Kalimantan Barat, yang merupakan salah satu sub Suku Dayak terbesar di Kalbar, termasuk di beberapa provinsi lain di Kalimantan.

Alquran terjemahan dalam bahasa daerah ini sudah mulai dilakukan sejak tahun 2012 dan ditetapkan oleh Kementerian Agama pada tahun 2014, setelah dilakukan musyawarah oleh Provinsi se-Kalimantan.

Pada tahun 2015 Kemenag mencetak sebanyak 2000 buah Alquran yang kemudian dibagi ke seluruh Kalimantan, hingga hanya menyisakan satu buah di tangan penerjemahnya.

Alquran ini diterjemahkan oleh tujuh orang penerjemah yang terdiri dari ahli alih bahasa, ahli tafsir, hingga ahli tanda baca. Dengan penerjemahan ini, Damanhuri mengakui lebih mudah dalam proses penyampaian dakwah sehingga mudah dipahami oleh masyarakat Dayak Kanayatn.

Saat ini, belum dilakukan pencetakan lanjutan Alquran terjemahan ini karena memerlukan biaya cukup besar. Damanhuri berharap, adanya pihak yang bisa membantu pencetakan Alquran berbahasa Dayak Kanayatn ini agar dapat diberikan secara gratis.

Dengan dakwah yang dilakukannya, pada tahun 2020 Damanhuri mencatat telah mengislamkan lebih dari 13 ribu orang yang disertai penerbitan sertifikat mualaf. Bahkan, beberapa di antaranya dari luar negeri, mulai dari warga Inggris, Swedia, Brunei, Malaysia, serta Kanada.

Penulis : KompasTV Pontianak





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:27
PEMIMPIN NEGARA G7 BERKOMITMEN UNTUK KONTRIBUSI PENDANAAN DI BIDANG IKLIM SEBESAR 100 MILIAR DOLLAR AS PER TAHUN   HASIL SBMPTN AKAN DIUMUMKAN SENIN BESOK, 14 JUNI 2021, PUKUL 15.00 WIB DI LAMAN RESMI LTMPT   PERTAMINA KLAIM ABU KEBAKARAN KILANG YANG CEMARI AIR SUMUR WARGA KUTAWARU, CILACAP, TIDAK BERBAHAYA   AIR SUMUR WARGA KUTAWARU, CILACAP, TERCEMAR ABU KEBAKARAN KILANG MINYAK PERTAMINA   POLRES METRO JAKBAR TANGKAP MUSISI ANJI TERKAIT PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA   PEMKOT PALU, SULAWESI TENGAH DAPAT KUOTA UNTUK BERANGKATKAN 1.000 PEKERJA MIGRAN INDONESIA ASAL PALU KE JEPANG   WILAYAHNYA MASUK ZONA MERAH COVID-19, PEMKAB PADANG PARIAMAN PERKETAT PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN   ADA TEMUAN COVID-19 VARIAN INDIA, PEMKAB KUDUS BERLAKUKAN GERAKAN SATU MINGGU DI RUMAH SAJA   SATGAS: VAKSINASI COVID-19 DOSIS PERTAMA DI INDONESIA SUDAH MENCAPAI 20.158.937 ORANG   KEPALA BNPB GANIP WARSITO: FAKTOR UTAMA LONJAKAN KASUS COVID-19 ADALAH TINGGINYA MOBILITAS WARGA SAAT LIBURAN   SAMBUT HARI PELAUT SEDUNIA, KEMENHUB GENCARKAN VAKSINASI COVID-19 UNTUK PELAUT   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO UPAYAKAN TRADISI PACUAN KUDA DI BIMA MASUK WISATA NASIONAL   PEMERINTAH AKAN LAKUKAN EVALUASI PER TIGA BULAN UNTUK LIHAT DAMPAK DARI DISKON PPNBM   PEMERINTAH PERPANJANG DISKON 100 PERSEN PPNBM KENDARAAN BERMOTOR