Kompas TV nasional sosial

Imbau Kepala Daerah Cegah Klaster Baru Covid-19 Jelang Lebaran, Mendagri: Jangan Lengah!

Kompas.tv - 9 Mei 2021, 19:50 WIB
imbau-kepala-daerah-cegah-klaster-baru-covid-19-jelang-lebaran-mendagri-jangan-lengah
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mewanti-wanti setiap kepala daerah untuk menjaga protokol kesehatan di wilayahnya masing-masing menjelang Hari Raya Idulfitri 1442 H.

Hal itu bertujuan agar tidak terjadi klaster baru Covid-19 dari potensi kerumunan karena kegiatan keagamaan maupun perekonomian.

“Jangan sampai kita lengah, terutama dari klaster-klaster kerumunan karena kegiatan-kegiatan, baik kegiatan yang ekonomi maupun kegiatan keagamaan, pasar, kemudian numpuk mau belanja pakaian Lebaran,” kata Tito usai meninjau kawasan KEK Galang Batang PT Bintan Aluminia Indonesia (BAI), Bintan, Kepulauan Riau, Minggu (9/5/2021), dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: Mendagri Tito Karnavian Minta Pemerintah Pusat dan Daerah Kompak dalam Larangan Mudik

Sebab, berkaca pada data sebelumnya, terdapat tren kenaikan kasus pada hari raya keagamaan, sepeti Hari Raya Idulfitri dan perayaan Natal pada tahun 2020 dan libur tahun baru. 

“Beberapa daerah ada klaster tarawih, masuk ke masjid tanpa masker, rapat, ini bukan soal agamanya, ini soal masalah protokol kesehatannya, tolong ya titik tekannya seperti itu,” kata dia.

Tito pun berpesan agar seluruh masyarakat menjaga protokol kesehatan dalam situasi apa pun agar tidak terjadi ledakan kasus Covid-19 seperti India dan beberapa negara lainnya.

"Selain protokol kesehatan, pejabat dan ASN juga diminta tak melakukan kegiatan open house, di samping larangan mudik bagi masyarakat," ucap dia.

Baca juga: Fadjroel Rachman: Silaturahmi Virtual Tidak Mengurangi Makna Idulfitri
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x