Kompas TV regional berita daerah

Erupsi Lagi, Gunung Sinabung Keluarkan Abu Hingga 2.800 Meter

Kompas.tv - 7 Mei 2021, 13:20 WIB
erupsi-lagi-gunung-sinabung-keluarkan-abu-hingga-2-800-meter
Erupsi Gunung Sinabung (Sumber: Kompas.com/Peneliti Priatna PVMBG)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

MEDAN, KOMPAS.TV - Pada Jumat (7/5/2021) Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara kembali erupsi dengan tinggi kolom abu mencapai 2.800 meter. Tercatat erupsi terjadi sekitar pukul 09.08 WIB.

"Benar, telah terjadi erupsi Gunung Sinabung pada pukul 09.08 WIB dengan tinggi kolom abu teramati 2.800 meter di atas puncak," kata Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung, Badan Geologi dan PVMBG Armen Putra, Jumat (7/5/2021).

Baca Juga: Operasi Ketupat Krakatau 2021, Polda Lampung Siagakan 2346 Personil

Armen menambahkan kolom abu teramati berwarana kelabu dengan condong ke arah timur dengan tidak lama berselang arah angin berubah ke Barat.

Terekam dalam seismogram erupsi ini mencapai amplitudo maksimum 120 mm dan durasi kurang lebih 5 menit 56 detik.

Armen mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi serta dalam radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung.

Baca Juga: Kembangkan Wisata Halal, Wapres Ingin Literasi Wisata Syariah Ditingkatkan

Berdasarkan catatan, erupsi kali ini lebih besar daripada erupsi pada hari sebelumnya, yakni Kamis (6/5/2021). Namun begitu, Armen mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terutama bagi yang bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung.

"Saat ini Sinabung berada pada Status Level III. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," pungkasnya.

Baca Juga: Akal-akalan Demi Mudik ke Kampung Halaman, Mudik Naik Ambulans Hingga Nyamar jadi Kernet



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x