Kompas TV nasional peristiwa

Menhub: 18 Juta Orang Ingin Mudik, Tujuan Terbanyak Jawa Tengah

Rabu, 5 Mei 2021 | 10:11 WIB
menhub-18-juta-orang-ingin-mudik-tujuan-terbanyak-jawa-tengah
Ilustrasi Pemudik di Pelabuhan Merak Banten (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Meski pemerintah sudah mengeluarkan aturan larangan mudik, namun masih ada sekitar 18 juta orang yang tetap berniat mudik. 

Dari survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan terungkap bahwa tujuan utama pemudik adalah Jawa Tengah disusul Jawa Barat, dan Jawa Timur   


"Kami melakukan survei, tujuan pemudik  itu adalah Jawa Tengah lebih dari 30 persen, Jawa Barat lebih dari 29 persen, setelah itu Jawa Timur, Banten dan sekitarnya, Lampung, Sumatera Selatan dan seterusnya," kata Budi Karya dalam siaran YouTube Forum Merdeka Barat 9, Rabu (5/5/2021).

Dari jumlah 18 juta orang yang ingin mudik, kata Budi, sebagian besar menggunakan mobil pribadi, lalu motor. "Berarti para gubernur harus melakukan suatu koordinasi dengan baik," kata Budi.

Sebelumnya, larangan mudik Lebaran 2021 sudah diberlakukan pemerintah mulai besok, Kamis (6/6/2021). Larangan mudik untuk menekan penyebaran virus corona.

Pemerintah juga memberlakukan aturan tambahan berupa pengetatan perjalanan berlaku mulai 22 April-5 Mei dan 18-24 Mei 2021.

Ketentuan peniadaan mudik dan pengetatan perjalanan tertuang dalam Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021. Dalam SE tersebut, dijelaskan bahwa setiap anggota masyarakat dilarang melakukan perjalanan antarkota/kabupaten/provinsi/negara untuk tujuan mudik. 

Penulis : Iman Firdaus | Editor :





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:11
BMKG MEMPREDIKSI SEBAGIAN WILAYAH JAKARTA AKAN DIGUYUR HUJAN DENGAN INTENSITAS RINGAN HARI INI   TNI AL MEMINTA PEMBERITAAN TENGGELAMNYA KAPAL SELAM KRI NANGGALA-402 TAK DIPOLITISIR   GEMPA BERMAGNITUDO 5,7 YANG GUNCANG HALMAHERA BARAT, MALUKU UTARA, PADA RABU PAGI TAK BERPOTENSI TSUNAMI   HARGA JUAL EMAS PT ANTAM HARI INI BERADA DI ANGKA RP 922.000 PER GRAM   KORLANTAS POLRI MENAMBAH TITIK PENYEKATAN MUDIK DALAM OPERASI KETUPAT 2021 DARI 333 TITIK JADI 381   TUJUH PINTU KELUAR GERBANG TOL SURABAYA-GEMPOL (SUGEM) AKAN DISEKAT DI MASA LARANGAN MUDIK LEBARAN   MENDAGRI INSTRUKSIKAN PEJABAT & ASN DI DAERAH DILARANG MELAKUKAN HALALBIHALAL SAAT HARI RAYA IDUL FITRI   VARIAN KORONA B1617 MASUK KE INDONESIA, SATGAS COVID-29 MINTA MASYARAKAT TAK PANIK NAMUN TETAP WASPADA   SATGAS COVID-19 MINTA PEMDA SAMPAIKAN NARASI YANG SAMA SOAL LARANGAN MUDIK LEBARAN SELAMA 6-17 MEI 2021   PT JASA MARGA MEMPREDIKSI ADANYA PENINGKATAN ARUS LALU LINTAS HARI INI DARI JABOTABEK KE LUAR KOTA   POLDA METRO JAYA MEMINTA PEMPROV DKI JAKARTA MENUTUP TEMPAT WISATA PADA PERIODE LIBUR LEBARAN   DIRLANTAS POLDA METRO JAYA SEBUT PIHAKNYA AKAN KETAT MENYARING KENDARAAN, TERMASUK PEMUDIK MENGGUNAKAN MOTOR   DIRLANTAS POLDA METRO JAYA PASTIKAN LARANGAN MUDIK PADA 6-17 MEI 2021 BERLAKU UNTUK SEMUA KENDARAAN   POLRESTA BOGOR SIAPKAN 6 TITIK PENYEKATAN DI WILAYAH PERBATASAN SELAMA LARANGAN MUDIK 6-17 MEI 2021