Kompas TV nasional sosial

Siap-Siap! Besok Ada Aksi May Day di Jakarta, Segini Jumlah Personel Gabungan yang Bakal Disiagakan

Kompas.tv - 30 April 2021, 21:06 WIB
siap-siap-besok-ada-aksi-may-day-di-jakarta-segini-jumlah-personel-gabungan-yang-bakal-disiagakan
Ilustrasi aksi May Day yang diperingati tahunan setiap tanggal 1 Mei itu digelar serentak di seluruh dunia untuk menyuarakan kesejahteraan bagi buruh. (Sumber: kompas.com)
Penulis : Gading Persada | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah elemen buruh dipastikan bakal turun ke jalan untuk memperingati Hari Buruh atau May Day, Sabtu (1/5/2021) besok.

Sebanyak 6.394 personel gabungan dari unsur Polri, TNI dan Pemerintah Daerah (Pemda) dikerahkan untuk mengantisipasi aksi unjuk rasa yang diperkirakan akan terjadi di Patung Kuda, Kantor International Labour Organization (ILO) dan Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta dan sekitarnya.

"Kami siapkan 6.394 personel. Semua ini bukan hanya di tiga tempat, karena hampir semua tempat-tempat itu juga membuat kegiatannya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan, Jumat (30/4/2021).

Baca Juga: Janji Patuh Prokes Saat Aksi May Day, Said Iqbal Minta Polisi Tak Larang Demo Buruh

Menurut Yusri, jumlah personel untuk pengamanan kemungkinan akan ditambah untuk menyesuaikan kondisi aksi unjuk rasa di lapangan.

"Kemungkinan (personel) masih akan bertambah lagi yang akan kita turunkan gabungan TNI, Polri kemudin dari Pemda," kata Yusri.

Selain itu, lantaran masih dalam suasana pandemi Covid-19, Polda Metro Jaya juga berencana memberikan pelayanan tes kesehatan gratis bagi massa atau buruh yang ikut aksi May Day tersebut.

Adapun mekanisme swab antigen gratis itu dilakukan dengan cara menjemput bola di titik tempat massa buruh berkumpul sebelum aksi.

"Contoh KSPI dan SPSI titik kumpul di mana itu yang kita lakukan swab di sana. Nanti tim akan datang ke sana dari Polres, Polda akan ke sana menyiapkan swab," ucap Yusri dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Besok Peringatan May Day, Said Iqbal Nyatakan Aksi Besar-besaran di Jakarta dan Berbagai Daerah



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x