Kompas TV cerita ramadan kesehatan

Bisa Picu GERD, Ini Bahaya Tidur Setelah Makan Sahur

Jumat, 23 April 2021 | 04:00 WIB
bisa-picu-gerd-ini-bahaya-tidur-setelah-makan-sahur
Ilustrasi tidur setelah sahur. (Sumber: Unsplash/Mert Kahveci)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sahur merupakan salah satu sunah puasa yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw. Jika sebelum Ramadan umumnya kita akan bangun pagi, kini kita harus bangun dini hari untuk makan sahur.

Setelah sahur dengan keadaan setengah mengantuk, sebagian dari kita mungkin akan kembali tidur.

Hati-hati, tidur setelah makan sahur ternyata merupakan kebiasaan buruk yang harus segera dihentikan. Pasalnya, jika hal ini diteruskan bisa berdampak buruk pada pencernaan.

Baca Juga: Jadwal Imsak dan Buka Puasa di Kota Medan, Jumat, 23 April 2021

Melansir Kompas.com, Jumat (23/4/2021), professor sekaligus kepala bedah ortoraks di University of Michigan, Mark B. Orringer, menguak fakta bahwa tidur setelah makan sahur sangat berbahaya bagi kesehatan.

Terlebih, bagi yang memiliki keluhan asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD), tidur seusai makan sahur justru bisa memperparah kondisi lambung.

Sebab, tidur setelah makan dapat membuat makanan kembali ke kerongkongan. Hal ini terjadi karena katup antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan baik.

Oleh karenanya, beri waktu bagi tubuh untuk mencerna makanan yang dikonsumsi saat sahur. Posisi yang baik setelah makan adalah posisi tegak karena membuat pencernaan lebih mudah melakukan pekerjaannya.

Baca Juga: Sudah Selesai Haid tapi Belum Sempat Mandi Wajib, Bolehkah Puasa?

Lantas, berapa lama waktu yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan?

Penulis : Fiqih Rahmawati

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


AIMAN

Siapa Sih, Gubernur Bakal Capres?

Senin, 25 Oktober 2021 | 04:05 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
05:14
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19