Kompas TV cerita ramadan panduan

Sudah Selesai Haid tapi Belum Sempat Mandi Wajib, Bolehkah Puasa?

Kompas.tv - 22 April 2021, 23:32 WIB
sudah-selesai-haid-tapi-belum-sempat-mandi-wajib-bolehkah-puasa
Ilustrasi mandi wajib, sahkah puasanya perempuan yang selesai haid tapi belum sempat mandi besar. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Saat haid, perempuan dilarang untuk melakukan ibadah puasa. Namun, bagaimana jika selesai haid di malam hari dan sampai waktu sahur belum sempat mandi wajib? Bolehkah dan sahkah puasanya?

Menanggapi hal tersebut, Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid menjelaskan bahwa jika ada perempuan yang yakin telah suci dari haid dan berniat puasa sebelum subuh, puasanya tetap sah meski belum mandi besar atau mandi wajib.

Namun, jika masih ragu dengan sudah suci dari haid atau belum, maka puasanya tidak sah karena puasa harus didasari niat yang yakin dan tidak boleh ada keraguan.

Baca Juga: Begini Hukum dan Tips Khatam Quran Bagi Perempuan Sedang Haid

Melansir Tribunnews, Kamis (22/4/2021), Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin pernah ditanya tentang seorang perempuan yang berpuasa namun ragu sudah suci dari haid atau belum.

Dalam Majmu’ Fatawa Syaikh Ibnu ‘Utsaimin, beliau menjawab, “Puasanya tidak dianggap. Puasa ketika itu wajib diqada (diganti). Karena asalnya haidnya masih ada dan ketika itu masuk puasa dalam keadaan tidak yakin sudah suci. Padahal untuk masuk puasa harus dalam keadaan yakin suci. Itulah yang menyebabkan puasanya tidak dianggap.”

Sementara itu, Syaikh Al-Munajjid menganjurkan jika seorang perempuan yakin telah suci dari haid, maka segeralah mandi wajib dan melakukan salat.

Baca Juga: Sedang Haid? Ini 5 Amalan Berpahala Besar yang Bisa Dilakukan di Bulan Ramadan

Tidak disarankan untuk menunda-nunda waktu mandi hingga waktu salat selanjutnya. Jika demikian, maka perempuan tersebut tetap harus mengganti puasa yang telah ditinggalkannya.

Lantas, mengapa perempuan yang yakin sudah suci namun belum mandi wajib dibolehkan untuk berpuasa?

Syaikh Al-Munajjid menjelaskan, karena yang terpenting adalah perkara sudah sucinya. Menunda mandi tidak terlalu menjadi masalah. Hal ini seperti dalam hadis yang diriwayatkan oleh Muslim tentang mandi junub di bulan Ramadan.

Baca Juga: Hukum Menyentuh Dan Membaca Al Quran Ketika Sedang Haid

Aisyah RA berkata, “Rasulullah SAW pernah menjumpai waktu fajar di bulan Ramadan dalam keadaan junub, bukan karena mimpi basah, kemudian beliau swa mandi dan tetap berpuasa.” (HR. Muslim).

Wallahua’lam.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x