Kompas TV regional berita daerah

Menjaga Kerukunan, Umat Katolik Sediakan Buka Puasa Gratis Selama Ramadan

Kompas.tv - 22 April 2021, 11:41 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Umat Katolik di Jember Jawa Timur menyediakan menu buka puasa gratis untuk umat muslim selama Ramadhan. Kegiatan itu rutin digelar setiap tahun untuk menjaga kebersamaan dan merawat kerukunan.

Di bawah tenda sederhana, warung Kasih Ramadan didirikan di halaman klinik kesehatan Panti Siwi Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Setiap sore menjelang waktu berbuka puasa, belasan ibu-ibu, yang tergabung dalam Wanita Katolik Republik Indonesia Jember, menyiapkan paket bergizi menu buka puasa.

Baca Juga: Tradisi Meugang di Aceh: Sambut Ramadan dengan Merayakan Kebersamaan

Berbeda dengan Ramadan sebelumnya, penyajian buka puasa tidak menggunakan piring dan makan bersama, untuk menghindari kerumunan warga di masa pandemi covid 19. Tahun ini buka puasa disajikan dalam bentuk bungkusan, tetapi tidak mengurangi rasa kebersamaan.

Ketua Wanita Katolik Republik Indonesia Jember, Valentina Indarti mengatakan makanan yang disajikan berupa nasi dan lauk pauk bergizi, serta minuman segar dengan 200 porsi setiap harinya.

Warung kasih Ramadan dirasakan manfaatnya bagi umat muslim yang sedang berada di jalan saat adzan maghrib tiba. Rata – rata yang datang adalah abang becak, pengemudi ojek, pengemudi angkutan dan pedagang kaki lima.

 

#UmatKatolik #BukaPuasa #MakananGratis #UmatMuslim #Kebersamaan #Kerukunan #Ramadan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x