Kompas TV klik360 cerita indonesia

Polri Gandeng Interpol dan Kemenlu Kejar Joseph Paul Zhang yang Diduga Berada di Jerman

Senin, 19 April 2021 | 19:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono mengatakan telah menggandeng Kemenlu, Dirjen Imigrasi hingga Interpol untuk mengusut keberadaan Youtuber Joseph Paul Zhang.

“Polri berusaha keras untuk menyelesaikan kasus ini, langkah-langkah yang diambil telah lakukan koordinasi dengan Kemenlu, Dirjen Imigrasi dan Interpol karena patut diduga yang bersangkutan ada di luar negeri. Penelusuran polri yang bersangkutan ada di negara Jerman.”ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono.

Selain itu, Polri juga telah lakukan pemeriksaan terhadap saksi ahli beredarnya video Joseph yang dinilai menista agama. 

“Saksi ahli bahasa, Saksi ahli sosiologi hukum, Saksi ahli pidana, telah diperiksa. Keterangan ini akan berguna memastikan kasus yang terjadi. Langkah berikutnya, akan segera keluarkan DPO akan diserahkan ke interpol dan DPO ini jadi dasar interpol untuk terbitkan red notice.”jelas Rusdi dalam konferensi pers.

Joseph Paul Zhang kini diburu aparat penegak hukum karena videonya viral setelah mengaku sebagai Nabi ke-26. 

Ia diduga melakukan penodaan atau penistaan agama.

Polri mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tenang dan menyerahkan sepenuhnya penegakan hukum perkara ini ke Polri. 

Video Editor: Lisa
 

Penulis : Yuilyana





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:21
PEMERINTAH PERPANJANG PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT BERBASIS MIKRO HINGGA 3 MEI 2021   PEMKOT BANDUNG MENYATAKAN 50 PERSEN TENAGA PENDIDIK TELAH DIVAKSINASI COVID-19   BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI KEMBANGKAN BERBAGAI TEKNOLOGI MITIGASI PERUBAHAN IKLIM   POLRI SEGERA TERBITKAN DAFTAR PENCARIAN ORANG ATAS JOZEPH PAUL ZHANG YANG MENGAKU SEBAGAI NABI KE-26   DINAS KESEHATAN KALIMANTAN BARAT: VAKSINASI WARGA LANSIA TAHAP DUA BARU MENCAPAI 1,25 PERSEN    PEMKOT JAKARTA SELATAN GANDENG TNI DAN POLRI GENCARKAN OPERASI TERTIB MASKER   PEMKAB BANYUMAS BENTUK POS KOMANDO PELAKSANAAN TUNJANGAN HARI RAYA KEAGAMAAN 2021   MENAKER LUNCURKAN POSKO THR UNTUK MEMANTAU DAN MENGATASI MASALAH PEMBERIAN THR   KEMENDESA PDTT TERUS GIATKAN SOSIALISASI LARANGAN MUDIK LEBARAN DEMI KESEHATAN BERSAMA   PEMPROV DKI JAKARTA BUKA VAKSINASI UNTUK PELAKU EKONOMI KREATIF, DARI PEMUSIK HINGGA PENGUSAHA KULINER   MENAG DORONG APARAT PENEGAK HUKUM TINDAK PELAKU UJARAN KEBENCIAN YANG MENGARAH KE PENISTAAN AGAMA   WALI KOTA DEPOK MOHAMMAD IDRIS: PEMKOT DUKUNG PENGUSUTAN DUGAAN KORUPSI DAMKAR DEPOK   SATPOL PP DIRIKAN 8 POSKO DI PASAR TANAH ABANG UNTUK PANTAU PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA PEMERINTAH CARI SOLUSI CEGAH PERKAWINAN ANAK