Kompas TV klik360 sinau

Mengapa Pangeran Philip Tidak Bergelar Raja Inggris?

Senin, 19 April 2021 | 10:29 WIB

KOMPAS.TV – Pangeran Philip, atau Prince Philip yang merupakan suami dari Ratu Elizabeth II, pemimpin Inggris, meninggal dunia pada 10 April 2021.

Pangeran Philip menikahi Ratu Elizabeth II pada 1947, 5 tahun sebelum sang ratu naik takhta pada 1952.

Sehari sebelum pernikahannya dengan Putri Elizabeth, King George VI memberi Philip gelar Duke of Edinburgh, Earl of Merioneth dan Baron Greenwich di Peerage of the United Kingdom.

Mengapa Pangeran Philip tidak bergelar raja, namun justru bergelar pangeran?

Aturan di Kerajaan Inggris

Kerajaan Inggris memiliki aturan bahwa yang bisa menjadi penerus kepemimpinan adalah keturunan pertama dari raja atau ratu yang sedang bertakhta.

Penerusnya baru bisa menggantikan kepemimpinan jika pemimpin sebelumnya meninggal dunia, menyerahkan kekuasaan, atau pensiun.

Seperti Ratu Elizabeth II yang menggantikan ayahnya, Raja George VI, yang meninggal dunia di tahun 1952.

Alasan Pangeran Philip tidak bergelar raja

Kerajaan Inggris memiliki peraturan bahwa laki-laki yang menikah dengan anggota keluarga kerajaan perempuan tidak bisa mendapatkan gelar yang sama.

Seorang wanita yang menikah dengan raja bisa disebut ratu sebagai gelar simbolis.

Sedangkan gelar raja tidak bisa diberikan untuk suami ratu, karena gelar itu hanya diberikan kepada laki-laki yang mewarisi takhta.

Lantas, siapa pewaris takhta Kerajaan Inggris selanjutnya?

Putra tertua Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, Charles, Pangeran Wales, akan menerima gelar raja saat dia menjabat posisi tersebut.

Berikutnya adalah Pangeran William, putra Pangeran Charles, dan cucu ratu, Pangeran George.

Pangeran Philip meninggal di usia 99 tahun, dan telah menemani Ratu Elizabeth II selama lebih dari 70 tahun.

Pemakaman Pangeran Philip dilaksanakan pada Sabtu (17/4/2021) di Kapel St. George, Kastil Windsor.(*)

Grafis: Arief Rahman

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:30
AS MENGANCAM RUSIA JIKA TOKOH OPOSISI RUSIA, ALEXEI NAVALNY, MENINGGAL DUNIA DALAM PENJARA   AKSI MOGOK MAKAN YANG DILAKUKAN ALEXEI NAVALNY MENUNTUT PERAWATAN NYERI PUNGGUNG DAN KAKINYA YANG MATI RASA   LAKUKAN AKSI MOGOK MAKAN SEJAK 31 MARET 2021, OPOSISI RUSIA ALEXEI NAVALNY DALAM KEADAAN KRITIS   PRESIDEN PERANCIS EMMANUEL MACRON: SERTIFIKAT VAKSIN EROPA TENGAH DIKEMBANGKAN DALAM TAHAP AKHIR   PERANCIS AKAN CABUT PEMBATASAN PERJALANAN DENGAN NEGARA NON-UNI EROPA PADA MEI 2021   BNN GAGALKAN PENGIRIMAN 89 KG SABU YANG HENDAK DIPASOK MELALUI PELABUHAN BAJOE, KABUPATEN BONE, SULSEL   KEJARI TIMOR TENGAH UTARA, NTT, MENAHAN HERMINIGILDUS TOB KARENA KASUS DUGAAN KORUPSI DANA DESA SEBESAR RP 800 JUTA   KEJARI TIMOR TENGAH UTARA, NTT, TEMUKAN UANG 300 DOLLAR AS SAAT GELEDAH RUMAH KEPALA DESA NAEKAKE B, HERMINIGILDUS TOB   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: JANGAN SAMPAI VAKSINASI COVID-19 BUAT KITA EUFORIA DAN TAK WASPADA   PT KAI DAOP I JAKARTA: JUMLAH PENUMPANG KERETA API DARI JAKARTA TUJUAN KE BERBAGAI KOTA DI JAWA TERPANTAU NORMAL   KEMENHUB BAKAL MENERBITKAN SURAT EDARAN SOAL LARANGAN MUDIK LEBARAN   MENKES MINTA PERDEBATAN SOAL VAKSIN NUSANTARA BERJALAN SECARA ILMIAH DAN TIDAK POLITIS   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN MINTA MASYARAKAT WASPADAI TRANSMISI LOKAL VARIAN VIRUS KORONA B117   HINGGA SAAT INI PROGRES PENGEMBANGAN STASIUN BEKASI SUDAH MENCAPAI 77,84 PERSEN