Kompas TV video cerita indonesia

Terkait Aksi Iklim, Ini 3 Usulan Gubernur Anies Agar PBB Membantu Kota-kota di Dunia

Kompas.tv - 18 April 2021, 12:04 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menyampaikan 3 usulan kepada Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk membantu kota-kota di dunia dalam mencapai kota berketahanan iklim.

Tiga usulan tersebut disampaikan Anies dalam gelaran dialog virtual antara kota-kota di dunia yang tergabung dalam C40 dengan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Sabtu (17/4/2020).

Baca Juga: Bicara 2 Menit, Usulan Gubernur Anies Langsung Disetujui oleh Sekjen PBB

Dikutip dari unggahan dalam akun Instagram pribadinya @aniesbaswedan, Anies mengusulkan agar PBB ambil peran lebih yang besar untuk membantu kota-kota di dunia, dalam 3 aspek yaitu:

Pertama, PBB dapat mendorong negara-negara untuk mengakui pencapaian aksi iklim yang dilakukan pada tingkat kota dan itu perlu dihitung sebagai bagian dari National Determined Contribution (NDC) dari aksi iklim.

Baca Juga: Momen Sekjen PBB Setujui Usulan Anies Baswedan dalam Ajang Dialog C40

Kedua, PBB juga perlu secara organisasional mendorong terjadinya integrasi vertikal dan horizontal pada tingkat aksi serta kebijakan.

Ketiga, dalam rangka menuju COP 26, PBB perlu mendukung negara-negara untuk mengembangkan arsitektur dan struktur pendanaan yang komprehensif, untuk dieksekusi pada level lokal. 

Baca Juga: Gubernur Anies Baswedan Banggakan Jakarta Saat Berbicara di Ajang C40 dengan PBB

Video Editor: Faqih Fisabilillah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x