Kompas TV video cerita indonesia

Momen Sekjen PBB Setujui Usulan Anies Baswedan dalam Ajang Dialog C40

Kompas.tv - 18 April 2021, 14:02 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Antonio Guterres, menyetujui usulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam ajang dialog C40.

Baca Juga: Bicara 2 Menit, Usulan Gubernur Anies Langsung Disetujui oleh Sekjen PBB

Dikutip dari unggahan di akun Instagram @aniesbaswedan, usulan dari Gubernur Anies itu meminta agar PBB mengambil peran lebih yang besar untuk membantu kota-kota di dunia dalam 3 aspek.

Aspek pertama, supaya PBB dapat mendorong negara-negara untuk mengakui pencapaian aksi iklim yang dilakukan pada tingkat kota dan menghitungnya sebagai bagian dari National Determined Contribution (NDC) dari aksi iklim.

Aspek kedua, PBB perlu secara organisasional mendorong terjadinya integrasi vertikal dan horizontal pada tingkat aksi serta kebijakan.

Aspek ketiga, dalam rangka mendukung Conference of the Parties (COP26), PBB perlu mendukung negara-negara untuk mengembangkan arsitektur dan struktur pendanaan yang komprehensif, untuk dieksekusi pada level lokal.

Baca Juga: Terkait Aksi Iklim, Ini 3 Usulan Gubernur Anies Agar PBB Membantu Kota-kota di Dunia

Dalam ajang tersebut, moderator dan mantan Ketua C40 David Miller, memberikan Anies waktu 2 menit untuk berbicara.

Sesaat setelah Anies selesai berbicara, Sekjen PBB Antonio Guterres langsung menginterupsi dan meminta waktu untuk mengemukakan pendapatnya.

"If i may interrupt. I just like to say that we are fully onboard with your suggestion. We do all best with our agencies and country team to fully support your perspective. And with our global advocacies with goverments to do exactly what you ask us to do," ucap Sekjen PBB Antonio Guterres.

Baca Juga: Gubernur Anies Baswedan Banggakan Jakarta Saat Berbicara di Ajang C40 dengan PBB

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, ucapan Sekjen PBB itu mengandung arti yang kurang lebihnya seperti ini;

"Apabila boleh saya menanggapi. Saya ingin menyampaikan bahwa kami sepenuhnya mendukung usulan anda dan siap untuk melakukan yang terbaik dengan organisasi dan tim perwakilan PBB pada berbagai negara."

Video Editor: Faqih Fisabilillah

#usulananiescq40 #aniespbbcq40



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x