Kompas TV internasional kompas dunia

Studi: Sekitar 2,5 Miliar T. Rex Pernah Menjelajah Bumi Tetapi Tidak Dalam Satu Kurun Waktu

Jumat, 16 April 2021 | 04:05 WIB
studi-sekitar-2-5-miliar-t-rex-pernah-menjelajah-bumi-tetapi-tidak-dalam-satu-kurun-waktu
Dalam file foto Selasa 7 Maret 2006 ini, model Tyrannosaurus rex seukuran aslinya dibongkar untuk pameran dinosaurus di Potsdam, Jerman. Sebuah studi yang dirilis pada Kamis, 15 April 2021 menghitung bahwa 2,5 miliar Tyrannosaurus rex berkeliaran di Amerika Utara selama beberapa juta tahun atau lebih, dengan mungkin 20.000 pada waktu tertentu. (Sumber: AP Photo/Sven Kaestner)

BERKELEY, KOMPAS.TV - Seekor Tyrannosaurus tampaknya sudah sangat menyeramkan. Nah, sekarang bayangin ada 2.5 miliar Tyrannosaurus di dunia. Jumlah itulah kira-kira, banyaknya Tyrannosaurus yang pernah menguasai bumi pada satu waktu kira-kira dua juta tahun yang lalu, seperti disimpulkan sebuah penelitian yang dilansir Associated Press, Jum'at, (16/04/2021)

Memakai hitungan berdasarkan ukuran tubuh, kematangan seksual dan kebutuhan energi mahluk tersebut, sebuah tim dari Universitas California di Berkeley menyimpulkan berapa banyak T-Rex yang hidup sepanjang 127.000 generasi, seperti diterbitkan di jurnal Science hari Kamis, (15/04/2021). 

Ini adalah pertamakalinya hitungan jumlah satwa tersebut, namun hanya perkiraan karena margin of error nya juga sebesar hewan tersebut. 

Melihat jumlah tersebut, direktur Museum Paleontologi Universitas California, Charles Marshall berkomentar, "Wah itu rahang yang amat banyak!, juga gigi yang sangat banyak, belum lagi cakar mereka,"

Spesies itu menjelajah Amerika Utara selama 1.2 hingga 3.6 juta tahun, yang artinya kepadatan populasi T-Rex sempat sedikit, kira-kira hanya dua ekor di wilayah sebesar Washington DC, atau sekitar 3,800 ekor di wilayah sebesar California, kata penelitian tersebut. 

Baca Juga: Fosil Spesies Baru Dinosaurus Ditemukan, Dinamai “Ia yang Menyebarkan Ketakutan”

Fosil langka dinosaurus dalam posisi sedang mengerami telur yang ditemukan di Provinsi Jiangxi, China timur, diterbitkan Kamis (07/01/2021) dalam jurnal Science Bulletin (Sumber: Akademi Ilmu Pengetahuan China)

"Mungkin seperti banyak orang, saya menghitung sampai dua kali untuk memastikan mata saya tidak sedang bercanda saat saya pertama kali membaca bahwa 2.5 miliar T-Rex pernah hidup di bumi," kata ahli Paleontologi Universitas Macalester, Kristi Rogers, yang bukan bagian dari penelitian itu. 

Marshall mengatakan, estimasi jumlah tersebut membantu peneliti menghitung tingkat keawetan fosil T-Rex dan menggarisbawahi betapa beruntungnya dunia bisa mendapat pengetahuan tentang Tyrannosaurus. 

Sekitar 100 potong fosil ditemukan, 32 diantaranya bisa dipastikan secara ilmiah sebagai tulang T-Rex dewasa. 

Bila pernah ada 2.5 juta T-Rex, bukannya 2.5 miliar, mungkin kita tidak akan pernah tahu T-Rex pernah ada di muka bumi, tambah Marshall.

Penulis : Edwin Shri Bimo

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:03
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19