Kompas TV internasional kompas dunia

Fosil Tertua Titanosaurus atau 'Dinosaurus Ninja' Ditemukan di Argentina

Kompas.tv - 2 Maret 2021, 04:26 WIB
fosil-tertua-titanosaurus-atau-dinosaurus-ninja-ditemukan-di-argentina
Gambar replika titanosaurus yang ditampilkan di Taman Cretaceous di Sucre, Bolivia, pada 17 September 2014. Titanosaurus diyakini adalah hewan terbesar yang pernah hidup di Bumi. (Sumber: AFP PHOTO/AIZAR RALDES)
Penulis : Edwin Shri Bimo

NEUQUEN, KOMPAS.TV- Fosil titanosaurus yang ditemukan di Argentina bisa jadi adalah yang tertua di dunia. Para ilmuwan pada Minggu (28/02/2021) mengatakan, spesies dinosaurus terbesar itu hidup di kawasan yang sekarang disebut Patagonia sekitar 140 juta tahun yang lalu pada awal periode Cretaceous.

Kadal setinggi 20 meter dengan nama latin Ninjatitan zapatai itu ditemukan pada 2014 di Neuquen, Argentina, menurut analisis Universitas La Matanza.

"Pentingnya fosil ini, selain sebagai spesies baru titanosaurus, adalah yang tertua tercatat untuk kelompok ini di seluruh dunia," kata peneliti Pablo Gallina dari dewan ilmiah Conicet.

Baca Juga: Kronologi Penemuan Fosil Gigi Hiu Purba Megalodon di Sukabumi

Melansir AFP, titanosaurus termasuk kelompok sauropoda, kadal raksasa pemakan tumbuhan dengan leher dan ekor panjang, yang kemungkinan adalah hewan terbesar di Bumi sampai sekarang.

Pernyataan tadi melanjutkan, titanosaurus berarti hidup lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya. Ia hidup pada awal era Creatceous yang berakhir dengan matinya dinosaurus sekitar 66 juta tahun lalu.

"Fosil dari 140 juta tahun lalu in benar-benar sangat langka," kata Gallina yang juga penulis utama dari studi yang diterbitkan jurnal ilmiah Argentina, Ameghiniana.

Nama latin titanosaurus dibuat mengikuti julukan El Ninja yang melekat pada paleontologi Argentina Sebastian Apesteguia, dan teknisi Rogelio Zapata.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x