Kompas TV internasional kompas dunia

Ritual Kumbh Mela di Sungai Gangga Hasilkan Lonjakan Kasus Positif Covid 19

Kompas.tv - 15 April 2021, 10:39 WIB
ritual-kumbh-mela-di-sungai-gangga-hasilkan-lonjakan-kasus-positif-covid-19
Umat Hindu India berendam di perairan suci di Sangam, yang merupakan pertemuan Sungai Gangga, Yamuna dan sungai Saraswati, Senin (4/2/2019), pada berlangsungnya Festival Kumbh Mela. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Sembilan pemuka agama Hindu di India dinyatakan positif terinfeksi Covid 19. Kejadian tersebut menandai lonjakan harian tertinggi kasus Covid 19.

Hal tersebut bermula dari adanya sebuah acara ritual Kumbh Mela di sungai Gangga, India. Jutaan Umat Hindu hadir dan mandi bersama-sama untuk berpartisipasi dalam ritual yang diadakan awal pekan itu.

Setelah itu, ratusan orang yang mendatangi ritual tersebut, termasuk sembilan pemuka agama, dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 di kota Haridwar, Uttarakhand.

India melaporkan 184.372 kasus Covid-19 baru, lonjakan harian tertinggi di negara tersebut, dilansir BBC, Rabu (14/4/2021).

Dari kejadian tersebut, banyak yang mengkritik pemerintah karena membiarkan ritual itu terus berlangsung di tengah pandemi yang semakin parah.

Di sisi lain, Umat Hindu di India percaya bahwa sungai Gangga itu suci, dan berenang ke dalam air akan membersihkan mereka dari dosa-dosa mereka dan membawa keselamatan.

Pejabat polisi setempat mengatakan mereka berjuang untuk menerapkan protokol keselamatan karena kerumunan besar di tepi sungai tersebut.

Baca Juga: Di Tengah Lonjakan Covid-19, India Setop Ekspor Antivirus Remdesivir

Petugas yang memimpin pengujian Covid-19 ritual Kumbh Mela mengatakan bahwa dari lebih dari 20.000 sampel yang dikumpulkan di daerah tersebut pada Selasa (13/4/2021), 110 di antaranya dinyatakan positif Covid-19.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x