Kompas TV internasional kompas dunia

Di Tengah Lonjakan Covid-19, India Setop Ekspor Antivirus Remdesivir

Kompas.tv - 13 April 2021, 05:26 WIB
di-tengah-lonjakan-covid-19-india-setop-ekspor-antivirus-remdesivir
Satu ampul obat Ebola remdesivir ditunjukkan dalam konferensi pers di Rumah Sakit Universitas Eppendorf (UKE) di Hamburg, Jerman, 8 April 2020. Remdesivir kini sedang diuji coba untuk pengobatan Covid-19 (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

INDIA, KOMPASTV - Angka infeksi Covid 19 di India melonjak ke level terparah pada Minggu (11/4/2021), sebagaimana diwartakan AFP. Hal tersebut membuat India memutuskan untuk  tidak mengekspor obat remdesivir.

Negara dengan penduduk terpadat ke-2 di dunia tersebut mengalami peningkatan tajam kasus Covid 19 dalam beberapa pekan terakhir.

India mencatat 152 ribu kasus baru dengan jumlah yang terinfeksi mencapai 13,3 juta orang. Oleh karena lonjakan kasus tersebut, permintaan obat corona dari rumah sakit pun meroket., sehingga pemerintah India memutuskan menghentikan ekspor remdesivir.

Kementerian Kesehatan mengatakan lonjakan kasus itu menyebabkan tingginya permintaan  untuk obat antivirus secara mendadak.

"Ada potensi peningkatan lebih lanjut dalam permintaan ini dalam beberapa hari mendatang," demikian pernyataan dari Kementerian Kesehatan India.

Menurut informasi dari Kementerian Kesehatan India,  mengatakan bahwa larangan ekspor akan diberlakukan sampai situasi membaik.

Baca Juga: BPOM Izinkan Peredaran Obat Antivirus Impor untuk Pasien Covid-19 Berat, Harganya Rp3 Juta

Remdesivir adalah obat antivirus yang dibuat oleh farmasi AS Gilead. Menjadi salah satu obat pertama yang dipercaya relatif efektif dalam mempersingkat waktu penyembuhan untuk beberapa pasien Covid-19.

Meski demikian, pada kenyataannya beberapa riset yang didukung organisasi kesehatan dunia WHO menyebut bahwa obat ini hanya memiliki efek yang kecil  terhadap risiko kematian.

Gilead tahun lalu menandatangani perjanjian lisensi dengan produsen obat generik yang berbasis di India, Pakistan dan Mesir, yang memungkinkan mereka memproduksi remdesivir untuk didistribusikan di 127 negara berpenghasilan menengah ke bawah.

Baca Juga: Cegah Covid-19, Ruang Rawat Tzu Chi Hospital Diwarnai dengan Cat Antivirus Nippon Paint VirusGuard

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.