Kompas TV video sinau

Profil Pangeran Philip: Masa Kecil, Karier Militer, dan Pernikahan dengan Ratu Elizabeth II

Kompas.tv - 9 April 2021, 23:01 WIB
Penulis : Gempita Surya

SOLO, KOMPAS.TV – Pangeran Philip lahir di Corfu, Yunani pada 10 Juni 1921 dari pasangan Pangeran Andrew dari Yunani dan Putri Alice dari Battenberg, membuatnya menyandang gelar ‘Pangeran Yunani dan Denmark’.

Philip muda dan keluarganya harus meninggalkan Yunani karena situasi Yunani yang tidak stabil. Raja George V selaku paman Philip, memerintahkan kapal Angkatan Laut Kerajaan untuk membawa keluarga itu meninggalkan Yunani.

Gelar Pangeran Philip

Kakek Pangeran Philip, Pangeran Louis dari Battenberg, mengubah nama keluarga menjadi Mountbatten selama Perang Dunia Pertama. Pangeran Philip mengadopsi nama kakeknya ketika dia dinaturalisasi dan melepaskan gelar kerajaannya untuk menikahi Putri Elizabeth.

Setelah menikah, Pangeran Philip dianugerahi gelar Duke of Edinburgh, Earl of Merioneth, dan Baron.

Karier Militer

Pangeran Philip bergabung dengan Angkatan Laut Kerajaan sebagai kadet pada 1939.

Masa karier militernya dihabiskan mulai dari sebagai midshipman, sub-letnan, diangkat menjadi Letnan Satu di usia 21 tahun, hingga dipromosikan menjadi Komandan di tahun 1952.

Karier angkatan lautnya berakhir setelah ayah mertuanya, Raja George VI, meninggal dunia.

Pernikahan dengan Putri Elizabeth

Pangeran Philip bertunangan dengan Putri Elizabeth pada Juli 1947, dan menikah pada 20 November 1947 di Westminster Abbey.

Pernikahan mereka dikaruniai empat anak yaitu Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward.

Serba-serbi

Pangeran Philip sangat tertarik pada sains, industri, dan teknik, serta telah menggunakan mobil listrik pada 1960-an. Ia juga hobi bermain polo, berlayar, serta seorang pilot yang pernah terbang dari Taman Istana Buckingham dengan helikopter.

Dalam serial The Crown besutan Netflix, sosok Pangeran Philip diperankan oleh Tobias Menzies dan Matt Smith.

Pangeran Philip meninggal pada usia 99 tahun karena sakit jantung. Sebelumnya ia sempat dirawat inap sejak 16 Februari 2021.(*)

Grafis: Arief Rahman, Joshua Victor, Agus Eko



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x