Kompas TV nasional update

Muncul Bibit Siklon Tropis Baru, Wilayah Timur Masih Rentan

Jumat, 9 April 2021 | 09:30 WIB
muncul-bibit-siklon-tropis-baru-wilayah-timur-masih-rentan
Monitoring BMKG terkait dua bibit siklon tropis 90S di Samudra Hindia barat daya Sumatra dan bibit siklon tropis 99S di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (3/4). (Sumber: BMKG)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Siklon tropis seroja terpantau hingga hari ini menjauhi wilayah Indonesia. Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), siklon tropis seroja pada Kamis (8/4/2021) berada di koordinat 16,3 LS 112,6 BT, sekitar 890 km sebelah barat daya Denpasar, Bali dan tengah bergerak dengan kecepatan 33 km per jam menjauhi wilayah Indonesia. 

Namun, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fachri Radjab, menjelaskan munculnya keberadaan dua bibit siklon tropis yang baru yakni 90S dan 91S yang terpantau berada di Samudra Hindia sebelah selatan Jawa Barat tepatnya 15,8 LS-105,7 BT. 

"Dalam 24 jam ke depan, 90S berpotensi menjadi siklon tropis dalam kategori tinggi, tapi posisinya jauh dari Indonesia," kata Fachri dilansir dari Kompas.id.

Sementara peluang bibit siklon tropis 91S menjadi siklon tropis masih terbilang rendah. 

Baca Juga: Siklon Tropis Alami Peningkatan, Jawa Tengah dan 4 Wilayah Lainnya Diminta Waspada

BMKG memperingatkan hujan lebat diperkirakan akan melanda sejumlah wilayah Indonesia pada 9 - 10 April 2021. Beberapa di antaranya waspada banjir yakni DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Peneliti meteorologi Lembaga Penerbangan dan Antariks Nasional (LAPAN) Suyadhi memperingatkan, selama bulan April hingga awal Mei, siklon tropis masih berpeluang muncul di perairan selatan Indonesia, khususnya di Laut Banda dan Laut Arafura. 

Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:33
BPOM: IZIN PENGGUNAAN VAKSIN SPUTNIK V DITARGETKAN KELUAR AKHIR APRIL 2021   HIU DAN PARI TERANCAM PUNAH, KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN UPAYAKAN KELOLA SUMBER DAYA PERIKANAN   KEMENAG AKAN BUKA FORMASI 27.303 GURU AGAMA HONORER DALAM SELEKSI CALON PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA   MABES POLRI KIRIM 292 ANGGOTA BRIMOB NUSANTARA UNTUK PENANGANAN BENCANA DI NTT   PEMKOT DEPOK GELAR UJI COBA PEMBELAJARAN TATAP MUKA MULAI TAHUN AJARAN BARU YAKNI 12 JULI 2021   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY SEBUT ORANGTUA YANG BERHENTI MEROKOK BISA CEGAH ANAKNYA TERKENA "STUNTING"   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA: PEMBANGUNAN TUGU SEPEDA MERUPAKAN BENTUK APRESIASI TERHADAP KREATIVITAS PELAKU SENI   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA SEBUT PEMBANGUNAN TUGU SEPEDA BERBIAYA RP 800 JUTA   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA: ANGGARAN PEMBANGUNAN JALUR SEPEDA PERMANEN DI JALAN SUDIRMAN-THAMRIN RP 28 MILIAR   PEMKOT TANGERANG RESMI SELENGGARAKAN VAKSINASI COVID-19 PADA SIANG HARI SELAMA RAMADAN   SATGAS COVID-19 SEBUT TERJADI PENINGKATAN KASUS POSITIF DAN KEMATIAN COVID-19 DALAM SEPEKAN TERAKHIR    BAKAMLA SERAHKAN BERKAS PERKARA ABK DAN BARANG BUKTI KAPAL IKAN VIETNAM KE PSDKP BATAM    IBADAH HAJI MASIH TUNGGU KEPASTIAN DARI ARAB SAUDI, KEMENAG LAKUKAN VAKSINASI TERHADAP CALON HAJI    MENKES BUDI GUNADI SADIKIN AKAN MINTA PRESIDEN JOKOWI NEGOSIASI KE TIONGKOK TAMBAH DOSIS VAKSIN SINOVAC