Kompas TV nasional agama

Fatwa MUI: Tes Swab dan Vaksinasi Covid-19 Tidak Batalkan Puasa Ramadhan

Kamis, 8 April 2021 | 21:28 WIB
fatwa-mui-tes-swab-dan-vaksinasi-covid-19-tidak-batalkan-puasa-ramadhan
Ilustrasi tes swab. MUI keluarkan fatwa bahwa tes swab tidak membatalkan puasa Ramadan. (Sumber: Unsplash/Mufid Majnun)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa baru soal tes swab untuk mendeteksi Covid-29 di bulan Ramadan. Fatwa MUI tersebut menyatakan bahwa tes swab tidak membatalkan puasa Ramadan.

Pernyataan ini tercantum dalam Fatwa MUI Nomor 23 Tahun 2021 tentang Hukum Tes Swab untuk Deteksi Covid-19 saat Berpuasa.

"Pelaksanaan tes swab sebagaimana dalam ketentuan umum tidak membatalkan puasa," ujar Ketua MUI Bidang Fatwa, Asrorun Nian Sholeh dalam keterangannya, Kamis (8/4/2021).

Baca Juga: MUI Ajak Masyarakat Beri Dukungan dan Buka Donasi Bencana NTT

Dengan demikian, Asrorun menegaskan, umat Islam yang sedang berpuasa Ramadan diperbolehkan melakukan tes swab.

Dalam fatwa tersebut juga disebutkan bahwa tes swab Covid-19 adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi adanya material genetik dari sel, bakteri atau virus. Sampel yang diambil dalam tes swab ini adalah dahak, lendir atau cairan yang berada di nasofaring dan orofaring.

Nasofaring terletak di tenggorokan bagian atas dekat dengan hidung dan di balik rongga-rongga mulut, sementara orofaring adalah bagian antara mulut dan tenggorokan.

Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Perbedaan Ikhlas dan Ridho

Kamis, 8 April 2021 | 21:22 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
21:34
MABES POLRI KIRIM 292 ANGGOTA BRIMOB NUSANTARA UNTUK PENANGANAN BENCANA DI NTT   PEMKOT DEPOK GELAR UJI COBA PEMBELAJARAN TATAP MUKA MULAI TAHUN AJARAN BARU YAKNI 12 JULI 2021    KEMENAG AKAN BUKA FORMASI 27.303 GURU AGAMA HONORER DALAM SELEKSI CALON PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY SEBUT ORANGTUA YANG BERHENTI MEROKOK BISA CEGAH ANAKNYA TERKENA "STUNTING"   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA: PEMBANGUNAN TUGU SEPEDA MERUPAKAN BENTUK APRESIASI TERHADAP KREATIVITAS PELAKU SENI   PEMKOT TANGERANG RESMI SELENGGARAKAN VAKSINASI COVID-19 PADA SIANG HARI SELAMA RAMADAN   PROSTITUSI ANAK DI APARTEMEN, WAGUB DKI PERTIMBANGKAN BERI SANKSI KEPADA PENGELOLA APARTEMEN   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO: WILAYAH ZONA MERAH COVID-19 BERTAMBAH 50 PERSEN DIBANDING PEKAN LALU   SATGAS COVID-19 SEBUT TERJADI PENINGKATAN KASUS POSITIF DAN KEMATIAN COVID-19 DALAM SEPEKAN TERAKHIR   BAKAMLA SERAHKAN BERKAS PERKARA ABK DAN BARANG BUKTI KAPAL IKAN VIETNAM KE PSDKP BATAM   MENSESNEG PASTIKAN PENGELOLAAN TMII TAK AKAN DIPINDAHTANGANKAN KE YAYASAN YANG DIBENTUK KELUARGA PRESIDEN JOKOWI   PEMERINTAH AKAN AMBIL ALIH PENGELOLAAN TAMAN MINI INDONESIA INDAH DARI YAYASAN HARAPAN KITA   IBADAH HAJI MASIH TUNGGU KEPASTIAN DARI ARAB SAUDI, KEMENAG LAKUKAN VAKSINASI TERHADAP CALON HAJI   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN AKAN MINTA PRESIDEN JOKOWI NEGOSIASI KE TIONGKOK TAMBAH DOSIS VAKSIN SINOVAC