Kompas TV nasional hukum

Manfaat Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan, dari Uang Tunai sampai Pelatihan

Kamis, 8 April 2021 | 09:42 WIB
manfaat-program-jaminan-kehilangan-pekerjaan-dari-uang-tunai-sampai-pelatihan
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memberikan arahan kepada jajaran Kepala Disnaker di Bandung, Jawa Barat, Minggu (9/8/2020). (Sumber: Dokumentasi Humas Kementerian Ketenagakerjaan)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah sudah menerbitkan aturan terkait program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) dan sudah resmi berlaku per 2 Februari 2021.

Dengan begitu, suatu waktu para buruh/pekerja kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) bisa mengandalkan JKP tersebut.

Mentri Ketenaga Kerjaan, Ida Fauziyah mengatakan, korban PHK yang menjadi peserta program JKP berhak mendapatkan tiga manfaat, yaitu uang tunai, akses informasi pasar kerja, dan mengikuti pelatihan kerja.

Untuk manfaat gaji yang bakal diterima korban PHK, menurut Ida, besarannya mencapai 45 persen dari gaji korban PHK tersebut selama 3 bulan pertama. Lalu, 3 bulan berikutnya sebesar 25 persen dari upah.

Baca Juga: Mengenal Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP), Ini Syarat dan Manfaatnya

"Manfaat bagi pekerja yang ter-PHK dalam program JKP adalah uang tunai 45% dari upah untuk 3 bulan pertama, 25% dari upah untuk 3 bulan berikutnya, dan ini diberikan paling lama 6 bulan," ujar Ida dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI dan Dirut BPJS Ketenagakerjaan, Rabu (7/4/2021).

Manfaat lainnya adalah akses informasi pasar kerja, berupa layanan informasi pasar kerja dan atau bimbingan jabatan yang akan dilakukan oleh pengantar kerja atau petugas antar kerja.

Manfaat ketiga, pelatihan kerja akan berbentuk pelatihan berbasis kompetensi yang dilakukan melalui lembaga pelatihan kerja milik pemerintah, swasta, dan perusahaan.

Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:43
BMKG MEMPREDIKSI MAYORITAS WILAYAH DI JAKARTA CERAH BERAWAN PADA PAGI HINGGA SIANG HARI INI   MENSESNEG JAMIN SELAMA TRANSISI PENGAMBILALIHAN, PARA STAF TMII TETAP BEKERJA SEPERTI BIASA & MENDAPAT HAK   PEMERINTAH AMBIL ALIH PENGELOLAAN TMII DARI YAYASAN HARAPAN KITA DALAM TIGA BULAN KE DEPAN   PEMERINTAH AKAN MEMBERIKAN SUBSIDI ONGKOS KIRIM BELANJA DARING SENILAI RP 500 MILIAR PADA HARBOLNAS LEBARAN   PEMERINTAH OPTIMISTIS INFRASTRUKTUR SIRKUIT MANDALIKA DI LOMBOK TENGAH, NTB, RAMPUNG PADA JULI 2021   POLDA METRO JAYA LARANG KEGIATAN SAHUR ON THE ROAD (SOTR) SELAMA BULAN RAMADAN DI TENGAH PANDEMI    POLDA METRO JAYA SIAPKAN ATURAN DAN UPAYA PENGAMANAN YANG AKAN DILAKUKAN SELAMA BULAN RAMADAN    DISHUB DKI MENYATAKAN JUMLAH PENUMPANG BUS SEKOLAH MAKSIMAL 50 PERSEN DARI KAPASITAS SERTA DUDUK BERJARAK   DISHUB DKI JAKARTA SIAPKAN 50 BUS SEKOLAH SELAMA UJI COBA PEMBELAJARAN TATAP MUKA   KEMENHUB AKAN BERKOORDINASI DENGAN KORLANTAS DALAM MENERAPKAN PENJAGAAN DI SEJUMLAH TITIK   KEMENHUB AKAN KURANGI LAYANAN KERETA API TERKAIT KEBIJAKAN LARANGAN MUDIK LEBARAN 2021   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.157: 3.242 SEMBUH, 178 MENINGGAL DUNIA, DAN 737 DALAM PERAWATAN   SOAL ATURAN LARANGAN MUDIK, MENHUB BUDI KARYA SUMADI TUNGGU SURAT EDARAN SATGAS COVID-19    WALI KOTA DEPOK IZINKAN IBADAH SHALAT TARAWIH DI MASJID DAN MUSHALA SELAMA BULAN RAMADAN DENGAN TERAPKAN PROKES