Kompas TV regional peristiwa

Banjir Bima Merenggut Satu Korban Jiwa dan Puluhan Ribu Jiwa Lain Terdampak

Sabtu, 3 April 2021 | 19:13 WIB
banjir-bima-merenggut-satu-korban-jiwa-dan-puluhan-ribu-jiwa-lain-terdampak
Tim SAR Mataram membantu evakuasi warga saat banjir di Kabupaten Bima, Jumat (2/4/2021) malam. (Sumber: Kompas.id)

BIMA, KOMPAS.TV - Banjir yang melanda empat Kecamatan di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) menewaskan satu orang dan ribuan jiwa terdampak lainnya.

Selain itu, banjir tersebut juga memutus jembatan penghubung antardaerah di Kecamatan Bolo. Sejumlah fasilitas umum, aliran listrik, dan rumah-rumah warga ambruk setelah dihantam arus deras setinggi dua meter.

"Limpasan banjir juga merusak lahan pertanian serta menyebabkan tumbangnya tiang listrik pada beberapa titik jalan dan mengakibatkan putusnya jaringan ke beberapa kecamatan," terang Kasubid Penanganan Darurat BPBD Kabupaten Bima, Bambang Hermawan, sebagaimana dilansir dari Kompas.com, Sabtu (3/4/2021).

Baca Juga: Ratusan Rumah di 4 Kecamatan di Bima Hanyut Terbawa Arus Banjir Bandang!

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaporkan sejumlah warga harus mengungsi akibat banjir yang melanda empat Kecamatan di Kabupaten Bima, NTB. BPBD belum memastikan jumlahnya karena masih dalam pendataan

"Dari data awal, sebanyak 7.958 rumah terendam dengan ketinggian air 50 sentimeter hingga 2 meter. Sementara itu ada 21.662 jiwa yang terdampak," kata Bambang.

Sedang korban meninggal dunia akibat banjir bandang tersebut adalah Abdul Hamid, warga Kecamatan Monta yang dilaporkan hilang saat banjir terjadi, Jumat (2/4/2021) sore.

Penulis : Hedi Basri | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:39
KAPASITAS PENGUNJUNG PUSAT PERBELANJAAN ATAU MAL DI DEPOK SELAMA LIBUR LEBARAN DIBATASI MAKSIMUM 30 PERSEN    MUDIK DILARANG, TRAFIK TRUK DARI JAWA KE SUMATERA NAIK 24 PERSEN   PEMKAB BANYUMAS IZINKAN OBYEK WISATA TETAP BUKA SAAT LIBUR LEBARAN DENGAN SYARAT PENERAPAN PROKES KETAT    PEMKAB PATI, JATENG, PERKETAT AKSES MASUK KE PERUMAHAN RSS SIDOKERTO SETELAH 56 WARGA PERUMAHAN TERPAPAR COVID-19    DIRLANTAS POLDA BANTEN KOMBES RUDY PURNOMO: SEJUMLAH TEMPAT WISATA BANTEN BUKA SECARA TERBATAS SAAT LIBUR LEBARAN    POLDA BANTEN MELARANG MASYARAKAT DARI LUAR WILAYAH BERKUNJUNG KE TEMPAT WISATA DI BANTEN    SELAMA MASA LARANGAN MUDIK, KEMENHUB KURANGI OPERASIONAL DERMAGA DAN KAPAL DI MERAK-BAKAUHENI   KEMENTERIAN PPPA USUL PEREMPUAN LEBIH BANYAK MENERIMA BANTUAN PRESIDEN USAHA MIKRO (BPUM)    KADISDIK: PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DKI JAKARTA JALUR PRESTASI TAK MENGGUNAKAN SYARAT BATAS USIA   PEMPROV DKI JAKARTA MENERIMA 2.189 PERMOHONAN PEMBUATAN SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) SEJAK 6-8 MEI 2021   SERIKAT PEKERJA SELURUH INDONESIA: MASIH ADA PERUSAHAAN DI KOTA TANGERANG YANG BELUM LUNASI THR TAHUN LALU    KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO TEGASKAN DAERAH ZONA MERAH COVID-19 TAK BOLEH BUKA TEMPAT WISATA    WAKIL KETUA KPK NURUL GHUFRON PASTIKAN TAK ADA PEGAWAI YANG DIBERHENTIKAN KARENA TAK LOLOS TES WAWASAN KEBANGSAAN    KPK AKAN BERKOORDINASI DENGAN KEMENPAN RB DAN BKN TERKAIT TINDAK LANJUT 75 PEGAWAI YANG DINYATAKAN TIDAK LOLOS TWK