Kompas TV internasional kompas dunia

Mesir Menuntut Kompensasi 1 Miliar Dollar AS Atas Kerugian Kandasnya Kapal Kargo Raksasa Ever Given

Kompas.tv - 2 April 2021, 17:40 WIB
mesir-menuntut-kompensasi-1-miliar-dollar-as-atas-kerugian-kandasnya-kapal-kargo-raksasa-ever-given
Dalam foto yang dirilis oleh Otoritas Terusan Suez, Ever Given, kapal kargo berbendera Panama itu ditemani kapal tunda saat melaju di Terusan Suez, Mesir, Senin 29 Maret 2021. (Sumber: Suez Canal Authority via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Eddward S Kennedy

KAIRO, KOMPAS.TV -  Otoritas Terusan Suez (SCA) Mesir akan meminta kompensasi sebesar lebih dari 1 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp14.577) atas kerugian yang disebabkan oleh kandasnya kapal kontainer Ever Given di jalur air itu dan memblokir jalur navigasi selama enam hari, ungkap Kepala SCA, Osama Rabie. 

Kompensasi atas kerugian dan kerusakan itu disebut Rabie mencapai "lebih dari 1 miliar dolar AS" dan ia juga meyakini nominal tersebut merupakan "hak negara dan kami tidak akan melepasnya," demikian tegasnya seperti dilansir Xinhua, Jum'at, (02/04/2021).

Kapal berbendera Panama yang memiliki bobot 224.000 ton itu kandas di jalur air Suez yang vital pada 23 Maret dan berhasil diapungkan kembali berkat upaya SCA yang bekerja sama dengan perusahaan Belanda, Boskalis, beserta tim tanggap daruratnya, SMIT Salvage, yang disewa oleh pemilik Ever Given.

Rabie menjelaskan, jumlah kompensasi yang diminta oleh SCA itu tidak hanya untuk menutupi kerugian finansial yang disebabkan oleh penangguhan navigasi selama enam hari, tetapi juga mencakup biaya penggunaan kapal keruk dan kapal tunda, serta biaya kerusakan fisik yang disebabkan selama proses penyelamatan itu.

Baca Juga: Pentagon Sebut Terusan Suez Sebagai Lokasi Berbahaya, Apa Sebabnya?

Mesir membuka kembali navigasi di kanal itu beberapa jam usai kapal kontainer yang kandas itu berhasil diselamatkan pada Senin (29/3/2021) pagi. Pascapenyelamatan, sebanyak 422 kapal yang mengantre mulai menyeberangi jalur air tersebut.

Seluruh 422 kapal yang mengalami penundaan itu akan menyeberangi Terusan Suez paling lambat pada Sabtu (3/4/2021), menurut Rabie.

Menghubungkan Laut Mediterania dengan Laut Merah, Terusan Suez menjadi jalur kehidupan utama bagi perdagangan lintas laut global.

Pasalnya, jalur itu memungkinkan kapal-kapal melakukan perjalanan antara Eropa dan Asia tanpa memutari Benua Afrika, sehingga dapat memangkas jarak perjalanan laut antara Eropa dan India menjadi sekitar 7.000 kilometer.

Sekitar 12 persen volume perdagangan dunia melintasi kanal buatan manusia tersebut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x