Kompas TV nasional kompas siang

Sebanyak 1600 Personel Gabungan Amankan 158 Gereja di Makassar Selama Trihari Suci

Kompas.tv - 2 April 2021, 13:27 WIB
sebanyak-1600-personel-gabungan-amankan-158-gereja-di-makassar-selama-trihari-suci
Garis polisi terpasang tidak jauh di depan Gereja Katedral Kota Makassar yang terjadi peristiwa bom bunuh diri tepat di depan pintu gereja, Minggu (28/3/2021) pagi. (Sumber: Tribun Makassar)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Eddward S Kennedy

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Sebanyak 1.600 personil gabungan turut amankan Trihari suci tahun ini sejak Kamis (1/4/2021) hingga minggu (4/4/2021). 

Berdasarkan pantauan Kompas TV, peningkatan keamanan gereja di Makassar terus dilakukan pada 158 gereja yang melangsungkan ibadah Paskah. Sebanyak 101 aparat keamanan menjaga kemanan Gereja Katedral Makassar. 

Pengamanan gereja pasca ledakan juga diperketat, hanya umat yang hendak beribadah yang diperbolehkan masuk.

Setiap umat yang mengikuti ibadah paskah juga diperiksa dengan metal detector atau detektor logam. Barang-barang bawaan juga turut diperiksa. 

Baca Juga: Jelang Paskah, Gereja Katedral Jakarta Dijaga Ketat Aparat Gabungan

"Antisipasi potensi kerawanan terus dilakukan, terutama terorisme. Himbauan kami bagi yang beragama nasrani silakan beribadah dengan tenang dan tidak usah khawatir. Polrestabes siap menjamin keamanan umat dan berjalannya ibadah paskah dengan aman dan lancar," kata Kombes Witnu Urip Laksana, Kapolrestabes Makassar. 

Rangkaian ibadah paskah di Gereja Katedral Makassar akan dimulai pada 14.30 WIT dipimpin oleh Uskup Agung Makassar. Sesi kedua akan dilaksanakan pada 18.00 WIT dipimpin Pastor Gereja Katedral.

Misa akan digelar secara tatap muka dan daring di Youtube Channel Gereja Katedral Makassar.

Tidak ada pembatasan umat paska ledakan minggu (28/3/21) pagi. Pembatasan jumlah umat tetap sesuai prosedur pandemi Covid-19 dengan total umat yang bisa mengikuti misa hanya sebesar 50% dari kapasitas gereja. Diprediksi umat yang akan datang sebanyak 150 - 250 umat. 

Protokol kesehatan akan tetap dilaksanakan selama ibadah Jumat Agung berlangsung, ada pembatas antar bangku agar umat yang beribadah tetap menjaga jarak. 

Baca Juga: Perayaan Paskah, Gereja Katedral Makassar Dijaga Ketat Brimob Polda Sulsel



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x