Kompas TV nasional berita utama

Jelang Paskah, Gereja Katedral Jakarta Dijaga Ketat Aparat Gabungan

Kompas.tv - 2 April 2021, 09:28 WIB
jelang-paskah-gereja-katedral-jakarta-dijaga-ketat-aparat-gabungan
Ilustrasi petugas dari satuan brimob melakukan pengamanan sebelum misa Kamis Putih di Gereja Katedral Jakarta. (Sumber: KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Iman Firdaus

Jakarta, KOMPAS TV - Perayaan misa Kamis Putih (1/4/2021) yang menjadi rangkaian ibadat Tri Hari Suci di Gereja Katedral Jakarta, Pasar Baru, Jakarta Pusat, berlangsung lancar dan khidmat.

Dipimpin langsung oleh Uskup Agung Jakarta, Igantius Kardinal Suharyo, acara misa digelar secara virtual dan tatap muka dengan tetap membatasi jumlah jemaat yang hadir serta menerapkan protokol kesehatan.

Uskup Ignatius Suharyo juga mengajak umat untuk beribadah seperti biasa dan memercayakan pengamanan kepada aparat keamanan.

Aparat gabungan TNI-Polri berjaga di sekitar Gereja Katedral sejak menjelang rangkaian perayaan Hari Paskah. Tampak aparat bersenjata lengkap berada di area kompleks gereja. Beberapa kendaraan taktis tampak disiagakan di sekitar gereja. Selain itu, posko pengamanan juga didirikan di depan gereja.

Petugas yang berjaga di depan pintu masuk memeriksa isi tas yang dibawa setiap jemaat yang hendak masuk ke gereja. Usai diperiksa, jemaat dipersilahkan masuk ke dalam Gereja.

Berdasarkan jadwal, Misa dan Ibadat Pekan Suci 2021 di Paroki Katedral Jakarta, yang juga disiarkan melalui live streaming, akan digelar pada:

Kamis Putih (1 April 2021): 17.00 WIB dan 20.00 WIB
Jumat Agung (2 April 2021): 15.00 WIB dan 18.00 WIB
Sabtu Vigili (3 April 2021): 17.00 WIB dan 20.00 WIB
Minggu Paskah (4 April 2021): 09.00 (Misa online), 11.00 WIB dan 17.00 WIB.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menyatakan akan fokus untuk melakukan pengamanan di empat gereja di DKI Jakarta.

Selain Gereja Katedral, tiga Gereja lainnya yakni Gereja Immanuel di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat; Gereja HKBP Petojo di Grogol, Jakarta Barat; dan Gereja Katolik Santo Petrus dan Paulus, Jakarta Barat.

"Empat gereja besar ini akan jadi prioritas dengan masing-masing per gereja 155 personel yang kita backup untuk pengamanan di sana," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Kamis (1/4/2021).

Yusri juga menuturkan, total 5.590 personel yang akan diturunkan untuk mengamankan pelaksanaan hari raya umat Kristiani tersebut.

Selain empat gereja yang menjadi prioritas, pengamanan tetap akan dilakukan ke seluruh gereja di daerah Jabodetabek.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x