Kompas TV nasional sosial

Bom Bunuh Diri Sudah Ada Sejak 140 Tahun Lalu dan Setiap Gerakan Politik Pernah Menggunakannya

Kompas.tv - 2 April 2021, 13:13 WIB
bom-bunuh-diri-sudah-ada-sejak-140-tahun-lalu-dan-setiap-gerakan-politik-pernah-menggunakannya
Bom bunuh diri di Makassar merusak sebuah mobil. Bom bunuh diri memiliki sejarah panjang. (Sumber: Instagram)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Eddward S Kennedy

KOMPAS.TV - Serangkaian aksi teror terjadi dalam satu minggu ke belakang. Sepasang suami istri meledakkan bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan pada Minggu (28/3/2021).

Kemudian, seorang perempuan berkerudung menyelinap ke Mabes Polri, Jakarta dan menembaki aparat kepolisian dengan Air Gun, pada Rabu (31/3/2021).

Kepolisian RI menyatakan, bom bunuh diri Makassar adalah hasil tindakan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang telah berbait kepada ISIS. Sedangkan, pelaku penyerangan Mabes Polri adalah pelaku sendiri (lone wolf) yang bersimpati pada ISIS.

Baca Juga: Tiga Kesamaan dalam Surat Wasiat Pelaku Teror Mabes Polri dan Bom Katedral Makassar

Namun, dalam sejarahnya, taktik bom bunuh diri telah digunakan oleh setiap gerakan ideologis. Baik ekstremis kiri yang berhaluan Marxisme hingga ekstremis kanan yang berfondasi fasistik, serta tiap spektrum agama.

Bom bunuh diri sudah tercatat dalam sejarah manusia sejak lama. Iain Overton, jurnalis investigasi Inggris menulis, bom bunuh diri pertama yang tercatat dalam sejarah terjadi pada 13 Maret 1881.

Saat itu, seorang anggota kelompok teroris sayap kiri Rusia Ignaty Grinevitsky menjadi pelaku bom bunuh diri di St Petersburg. Grinevitsky meledakkan bom hingga menewaskan dirinya dan Tsar Alexander II.

Dalam surat wasiatnya, Grinevitsky menulis bahwa kematiannya adalah demi melaksanakan “tugas”.

Militer Jepang juga terlibat dalam bom bunuh diri. Pada 1944 Jepang kerap meluncurkan serangan Kamikaze. Serangan ini berupa pesawat atau kapal bermuatan bom yang menyasar armada angkatan laut Sekutu.

Untuk melancarkan aksi bom bunuh diri ini, para relawan peserta wajib militer mesti menabrakkan kapal dan pesawat Jepang ke armada laut Sekutu. Hal ini berjalan di bawah budaya militeristik Jepang yang melarang menyerahkan diri.

Baca Juga: Kapolri Apresiasi Pak Kosmas, Sekuriti Penghalau Bom Gereja Makassar, Tawarkan Anaknya jadi Polisi

Mengutip aoav.org.uk, Jepang meluncurkan sekitar 3.860 serangan bunuh diri sejak Oktober 1944 hingga Perang Dunia II berakhir pada pertengahan 1945. Serangan-serangan bom bunuh diri ini hanya menyasar militer Sekutu.

Admiral Halsey, komandan Armada Ketiga AS saat itu mengaku serangan ini adalah “satu-satunya senjata yang saya takuti dalam perang”.

Setelah Perang Dunia II, tak ada catatan soal aksi bom bunuh diri. Bom bunuh diri baru muncul pada dekade 1980.

AS dan Inggris mendorong dan memperkuat gerakan Islam radikal di Timur Tengah selama Perang Dingin. Hal ini demi menahan penyebaran Uni Soviet dan untuk menekan gerakan nasionalis yang memusuhi Barat.

Sementara, pada 1970-an Arab Saudi mulai menghabiskan anggaran miliaran dolar untuk mempromosikan Wahabi. Hal ini memunculkan kelompok Islam yang sangat konservatif di seluruh dunia.

Baca Juga: MUI: Bom Bunuh Diri Makassar dan Penyerangan Mabes Polri Hukumnya Haram dan Bukan Syahid



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x