Kompas TV video sinau

Bagaimana Caranya Kapal Ever Given Dievakuasi di Terusan Suez?

Kompas.tv - 31 Maret 2021, 18:01 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapal Ever Given berbendera Panama kandas di Terusan Suez pada Selasa, 23 Maret 2021 lalu. Kapal ini diduga tertiup angin kencang saat alami mati mesin.

Setelah hampir sepekan lamanya, Kapal Ever Given berhasil dievakuasi dari Lokasi.

Google Maps memberikan tanda di titik kandasnya Kapal Ever Given yaitu di Fifth Shyakha, Al Ganayen, Mesir. Lokasi ini bagian dari Terusan Suez yang merupakan jalan tol laut yang menghubungkan Laut Mediterania dan Laut Merah. Rute ini menjadi salah satu rute pelayaran tersibuk di dunia.

Spesifikasi dari kapal Ever Given membuat kapal ini tersangkut dan sulit bergerak. Dengan panjang 443 meter, berkapasitas 20 ribu kontainer dan tonase sebesar 224 ribu ton. Karena berat dan panjangnya kapal ini membuat proses evakusi harus dilakukan selama berhari-hari.

Kapal Ever Given ini terjepit secara diagonal di kanal yang lebarnya tak lebih dari 200 meter.

Cara memindahkan Ever Given yang tersangkut dalam posisi miring ini yang pertama adalah dengan penderekan. Kapal derek berusaha menarik dan mendorong kapal supaya bisa bergerak.

Sementara, alat pengeruk juga dikerahkan untuk menggali haluan. Dalam proses pengerukan dikerahkan pula kapal yang menggunakan penghisap untuk memindahkan pasir dan lumpur dari bawah haluan.

Dan upaya yang ketiga adalah pengurangan muatan. Kargo dan bahan bakar dipindahkan untuk mengurangi beban dan membuat kapal mengapung lebih tinggi di air.

Dengan proses pemindahan ini, Kapal Ever Given pun bisa kembali mengapung sepenuhnya pada Senin (29/3/2021) sore pukul 15.05 waktu setempat. Lalu lintas di Terusan Suez pun kembali dapat dilalui.

Video Editor: Agung Ramdhani
Video Grafis: Agus Ilyas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x