Kompas TV internasional kompas dunia

Terinspirasi The Queen's Gambit, Pria di Idaho Klaim Pecahkan Rekor Dunia Susun Bidak Catur

Kompas.tv - 31 Maret 2021, 09:34 WIB
terinspirasi-the-queen-s-gambit-pria-di-idaho-klaim-pecahkan-rekor-dunia-susun-bidak-catur
Tangkapan layar dari proses pemecahan rekor dunia dalam menyusun papan catur yang dilakukan David Rush. (Sumber: Youtube/DavidRush)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Purwanto

IDAHO, KOMPAS.TV - Seorang pria di Idaho, Amerika Serikat memecahkan rekor menyusun papan catur lengkap bersama bidaknya. David Rush kembali mencatatkan namanya dalam daftar rekor dunia setelah berhasil menyusun papan catur dalam waktu 30,31 detik.

David mengaku membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk mengembangkan keterampilan yang memungkinkannya dalam memecahkan rekor dunia Guinness itu.

Baca Juga: Wow Pria Ini Pecahkan Rekor Dunia Menonton Film

"Baru-baru ini saya berminat kembali setelah menonton serial Netflix, The Queen's Gambit, dan melakukan sesi latihan untuk menempatkan bidak dengan satu tangan," ujar David seperti dikutip dari Upi, Selasa (30/03/2021) kemarin.


Dalam aturan Guinness, pemecah rekor harus menyusun papan catur dengan menggunakan satu tangan. Sebelumnya David dan Jennifer, istrinya, pernah mencatatkan nama dalam rekor yang sama dengan waktu 34,09 detik.

Baca Juga: Rekor Tertinggi! Lukisan Banksy Terjual 333 Miliar Rupiah, Hasilnya Disumbangkan Untuk NHS Inggris

"Ketika saya latihan, susah untuk mencatatkan dalam waktu 31,55 detik tanpa menjatuhkan atau melakukan salah tempat pada bidak catur," lanjutnya.

Pemilik lebih dari 150 rekor dunia ini kerap memecahkan rekor untuk mempromosikan pendidikan sains, teknologi, teknik, dan matematika.

Baca Juga: Orbit International Habibie Festival Suguhkan Inovasi Teknologi dan Sains



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x