Kompas TV olahraga kompas sport

Di Tengah Krisis, Ronald Koeman Dianggap Sudah Sukses Tangani Barcelona

Kompas.tv - 30 Maret 2021, 03:53 WIB
di-tengah-krisis-ronald-koeman-dianggap-sudah-sukses-tangani-barcelona
Pelatih Barcelona, Ronald Koeman. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Gilang Romadhan

BARCELONA, KOMPAS.TV - Ronald Koeman dianggap sudah sukses menangani Barcelona yang tengah dilanda krisis. Pernyataan itu datang dari mantan gelandang Barcelona, Jordi Cruyff. 

Anak kandung mantan pemain dan pelatih Barcelona, Johan Cruyff itu mengatakan Koeman memiliki banyak prestasi baik di dalam ataupun di luar lapangan. 

Saat masih aktif menjadi pemain, Koeman merupakan salah satu pemain tersukses di sejarah Barcelona.

Selama 6 musim berseragam Blaugrana, Koeman memenangkan 10 trofi mayor, termasuk satu gelar European Cup atau saat ini disebut Liga Champions. 

Pria asal Belanda kembali ke Camp Nou pada Agustus 2020 sebagai seorang pelatih, menggantikan Quique Setien. 

Baca Juga: Barcelona Tersingkir dari Liga Champions, Koeman Yakin Messi Bakal Bertahan

Banyak pihak yang meragukan Koeman mampu membawa Barcelona sukses.

Terlebih, klub sedang berada di kondisi buruk, mulai dari masalah finansial, ditinggal pemain top macam Luis Suarez, hingga ditangkapnya jajaran direksi klub karena kasus Barcagate.

Faktanya, Barcelona masih bersaing memperebutkan juara La Liga 2020/21.

Mereka berada di urutan ke-2 klasemen, hanya tertinggal 4 poin dari pemuncak Atletico Madrid yang telah mengumpulkan 66 poin.

Baca Juga: Barcagate jadi Bukti Kalau Buzzer juga Berkeliaran di Ranah Sepakbola

“Koeman memiliki banyak prestasi, tidak hanya untuk sepakbola. Dia datang ke klub pada saat sulit sehubungan dengan pergantian pemain, masalah keuangan, semua masalah kelembagaan yang sudah ada," kata Cruyff dikutip dari Goal. 

“Saya pikir dinamika penting dalam sepak bola. Katakanlah ada saatnya Anda melihat diri Anda mampu menang dalam permainan apa pun. Dan apakah Barcelona sudah memulihkan perasaan itu sekarang? Pastinya."

“Saya percaya bahwa, pada akhirnya, pekerjaan [yang Anda lakukan] memiliki pahala dan dia sudah memilikinya. Saya pikir menjadi orang yang sudah mengetahui lingkungan klub juga memberinya banyak keuntungan."

Baca Juga: Joan Laporta Terpilih Sebagai Presiden FC Barcelona

Kendati sudah tersingkir dari Liga Champions, Barcelona berkesempatan meraih trofi pertamanya musim ini dari ajang Copa Del Rey. Blaugrana sukses lolos ke partai final dan akan menghadapi Athletic Bilbao. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x