Kompas TV internasional kompas dunia

Sudah 320 Orang Penentang Kudeta Dibunuh Aparat Keamanan Myanmar Hingga Kemarin

Kompas.tv - 27 Maret 2021, 15:35 WIB
sudah-320-orang-penentang-kudeta-dibunuh-aparat-keamanan-myanmar-hingga-kemarin
Sejumlah demonstran tampak berupaya membidik pasukan keamanan dengan ketapel rakitan di Yangon, Myanmar, Rabu (17/3/2021). Jumlah pengunjuk rasa yang dikonfirmasi tewas dibunuh aparat Myanmar sejak pengambilalihan militer bulan lalu telah mencapai 320 orang (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

YANGON, KOMPAS.TV - Jumlah pengunjuk rasa yang dikonfirmasi tewas dibunuh aparat Myanmar sejak pengambilalihan militer bulan lalu telah mencapai 320 orang, diumumkan sebuah kelompok yang memverifikasi rincian kematian dan penangkapan hari Jumat, seperti dilansir Associated Press, Sabtu (27/03/2021).

Asosiasi Bantuan Myanmar untuk Tahanan Politik mengatakan penghitungan mereka hanya mencakup kasus-kasus yang terdokumentasi, dengan jumlah korban sebenarnya "kemungkinan besar jauh lebih tinggi".

Dilaporkan 11 orang tewas hari Kamis (27/03/2021), ketika lembaga tersebut juga berhasil memverifikasi 23 kematian yang terjadi sebelumnya.

Kantor berita Myanmar, termasuk Suara Demokratik Burma dan Mizzima, melaporkan tiga orang lagi telah ditembak mati oleh pasukan keamanan di kota Myeik di Myanmar selatan.

Video yang di-posting di saluran YouTube Mizzima TV menunjukkan pengunjuk rasa yang berisiko terkena tembakan untuk membawa tubuh berdarah seorang pemuda yang menurut laporan itu telah meninggal kemudian.

Baca Juga: Pos Strategis Junta Militer Myanmar di Perbatasan China Diduduki Pemberontak Kachin

Warga lingkungan setempat bertepuk tangan ketika seorang mahasiswa pengunjuk rasa anti-kudeta kembali ke rumah setelah dibebaskan dari penjara, Jumat, 26 Maret 2021, di Yangon, Myanmar (Sumber: AP Photo)

Unggahan media sosial, banyak termasuk foto jenazah, menunjukkan sebanyak tujuh orang mungkin telah terbunuh di berbagai kota pada malam hari pada hari Jumat. Laporan tersebut tidak dapat segera dikonfirmasi.

Asosiasi Bantuan menggambarkan konfrontasi mematikan yang khas pada Kamis di Taunggyi, di negara bagian Shan di Myanmar timur, ketika junta menggunakan peluru tajam, mencoba menciptakan zona pertempuran di daerah pemukiman mengakibatkan empat warga sipil ditembak dan dibunuh, satu mayat diseret, beberapa warga sipil lainnya terluka.

“Selain itu, pasukan junta menggerebek rumah dan dengan kasar menangkap pemuda dan warga sipil, kemudian menghancurkan sepeda motor, mobil, dan barikade. Mereka menyerbu jalan tanpa alasan, meneriakkan kata-kata kotor dan merusak properti.”

Televisi negara MRTV pada Jumat malam menunjukkan pengumuman yang mendesak kaum muda yang menjadi motor perlawanan untuk belajar dari mereka yang sudah terbunuh, tentang bahaya ditembak di kepala atau punggung.

Baca Juga: Berikan Sanksi Baru Pada Myanmar, AS Targetkan Konglomerat Militer

Pengunjuk rasa anti-kudeta berjongkok di belakang barikade yang memisahkan mereka dari pasukan keamanan di seberang jalan di Kota Dala Yangon, Myanmar, Jumat, 26 Maret 202. Korban tewas pengunjuk rasa di Myanmar sejak bulan lalu telah melampaui 300 orang. (Sumber: AP Photo)

Peringatan itu dianggap sebagai ancaman eksplisit karena sejumlah besar kematian di antara para pengunjuk rasa berasal dari ditembak di kepala, yang menunjukkan mereka telah menjadi sasaran pembunuhan.

Pengumuman tersebut menyarankan beberapa anak muda ikut serta dalam protes seolah-olah itu adalah permainan, dan mendesak orang tua dan teman mereka untuk membujuk mereka agar tidak berpartisipasi.

Asosiasi tersebut mengatakan hingga Kamis, 2.981 orang ditangkap, didakwa atau dijatuhi hukuman oleh junta militer sejak kudeta 1 Februari yang menggulingkan pemerintahan terpilih Aung San Suu Kyi. Sebagian besar, termasuk Suu Kyi dan Presiden Win Myint, tetap ditahan.

MRTV melaporkan 322 tahanan dibebaskan hari Jumat dari Penjara Insein, menggambarkan mereka sebagai dituduh melanggar undang-undang ketertiban umum dengan "melakukan demonstrasi dengan kekerasan".

Pada hari Rabu, lebih dari 600 orang lainnya dibebaskan dari penjara yang sama, juga tanpa dituntut secara resmi oleh pengadilan.

Baca Juga: Junta Myanmar Bebaskan Ratusan Demonstran Anti-Kudeta

Seorang demonstran tampak menggunakan tabung pemadam kebakaran untuk melindungi sesama demonstran dari kejaran aparat dalam aksi unjuk rasa di Yangon, Myanmar, Rabu (17/3/2021). (Sumber: AP Photo)


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x