Kompas TV internasional kompas dunia

Junta Myanmar Bebaskan Ratusan Demonstran Anti-Kudeta

Kamis, 25 Maret 2021 | 04:29 WIB
junta-myanmar-bebaskan-ratusan-demonstran-anti-kudeta
Ratusan demonstran anti-kudeta dibebaskan dari Penjara Insein di Yangon, Rabu (24/3/2021). (Sumber: Associated Press)

YANGON, KOMPAS.TV - Ratusan orang yang dipenjara karena berdemonstrasi menentang kudeta, dibebaskan pada Rabu (24/3/2021). Hal ini diyakini sebagai isyarat perdamaian oleh militer, untuk menenangkan gerakan protes.

Para saksi mata di luar Penjara Insein di Yangon, melihat bus yang dipenuhi oleh anak muda yang dibebaskan dari penjara. Mereka terlihat senang dan membentuk salam tiga jari yang merupakan simbol pengunjuk rasa. TV yang dikelola pemerintah mengatakan, total ada 628 orang yang telah dibebaskan. Seorang pengacara mengatakan, semua yang dibebaskan ditangkap pada 3 Maret.

Wartawan the Associated Press, Thein Zaw, juga dibebaskan pada Rabu. Sebelumnya, dia ditangkap pada bulan lalu saat meliput protes anti-kudeta.

Pasukan keamanan Myanmar telah melakukan tindakan brutal kepada para demonstran yang memprotes kudeta. Asosiasi Bantuan Independen untuk Tahanan Politik mengatakan, setidaknya 275 orang telah terbunuh karena tindakan keras pasukan keamanan. Selain itu, ribuan orang ditangkap dan lebih dari 2.000 orang masih ditahan atau memiliki tuntutan yang belum diselesaikan.

Baca Juga: Brutalitas Junta Militer di Myanmar Terus Berlanjut, Anak 7 Tahun Ditembak Mati

Pembebasan pada hari Rabu merupakan tindakan tidak biasa yang dilakukan oleh junta militer. Sebelumnya, mereka terlihat sangat tahan terhadap tekanan dan protes yang dilakukan oleh demonstran dan komunitas internasional.

Untuk menghadapi tindakan keras junta militer yang semakin brutal, para demonstran mencoba taktik baru pada hari Rabu. Mereka melakukan pemogokan dan menyerukan orang-orang untuk tinggal di rumah. Seluruh bisnis juga tutup pada hari itu.

Penulis : Tussie Ayu





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:40
PEMERINTAH KOREA SELATAN TARGETKAN 70 PERSEN POPULASI SUDAH DIVAKSINASI SEPTEMBER MENDATANG   TIM GRESINI RACING RESMI GANDENG DUCATI DI MOTOGP MUSIM DEPAN DENGAN DURASI KONTRAK DUA TAHUN   TIM MERCEDES AMG F1 BERHARAP TAMPIL DOMINAN DI SIRKUIT PAUL RICARD AKHIR PEKAN INI   UKRAINA BUNGKAM MACEDONIA UTARA DENGAN SKOR 2-1 DI LAGA LANJUTAN GRUP C PIALA EROPA 2020   PERTANDINGAN DENMARK KONTRA BELGIA AKAN DILAKUKAN PENGHORMATAN UNTUK CHRISTIAN ERIKSEN PADA MENIT KE-10   PERSATUAN SEPAK BOLA DENMARK UMUMKAN GELANDANGNYA, CHRISTIAN ERIKSEN, AKAN DIPASANG ALAT PACU JANTUNG   PETENIS RAFAEL NADAL MUNDUR DARI WIMBLEDON DAN OLIMPIADE TOKYO KARENA ALASAN KESEHATAN   WALI KOTA TANGSEL BENYAMIN DAVNIE SEBUT WILAYAHNYA DALAM KONDISI DARURAT KARENA RS RUJUKAN KORONA TERISI 74 PERSEN   WALI KOTA TANGSEL BENYAMIN DAVNIE: BELAJAR TATAP MUKA KEMUNGKINAN BESAR DITUNDA KARENA LONJAKAN KASUS COVID-19   PEMKOT TANGERANG AKAN GUNAKAN RUMAH PERLINDUNGAN SOSIAL MILIK DINSOS JADI RUMAH ISOLASI TERKONSENTRASI (RIT)   PEMPROV JATENG TAMBAH RSJD DR AMINO GONDOHUTOMO, SEMARANG, DAN RSUD KELET, JEPARA, SEBAGAI RS RUJUKAN COVID-19   KASUS POSITIF KORONA NAIK, OMBUDSMAN JAKARTA RAYA IMBAU PEMPROV DKI TARIK REM DARURAT PENANGANAN COVID-19   WAKIL KETUA KOMISI IX DPR CHARLES HONORIS DORONG PEMERINTAH TERAPKAN LAGI PSBB GUNA TEKAN PENYEBARAN COVID-19   PANGLIMA TNI: PEMERINTAH SEDANG SIAPKAN PROGRAM 1 JUTA VAKSINASI PER HARI YANG AKAN DISEBAR DI 100 TITIK DI INDONESIA