Kompas TV nasional peristiwa

Presiden Jokowi Keluhkan Kondisi Anggaran Selama Pandemi: Anggaran Kita Guncang

Kompas.tv - 26 Maret 2021, 11:33 WIB
presiden-jokowi-keluhkan-kondisi-anggaran-selama-pandemi-anggaran-kita-guncang
Presiden Jokowi saat memberi penjelasan tentang Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Penulis : Iman Firdaus


JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluhkan kondisi anggaran selama  pandemi COVID-19. Hal itu perlu menjadi perhatian untuk konsolidasi.

Baca Juga: Di Maluku Tengah, Jokowi Dengar Curahan Hati Nelayan dan Pedagang

 "Ini sudah saya sering sampaikan,  yang namanya konsolidasi anggaran harus betul-betul kita lakukan. Apalagi di tengah anggaran kita yang guncang seperti sekarang karena pandemi COVID-19," katanya dalam acara peresmian pembukaan Musyawarah Nasional V Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Istana Negara, Jumat (26/3/2021).

Menurut Jokowi, konsolidasi anggaran artinya memberikan prioritas dan rencana  APBD. Semua  harus dilihat. "Yang biasanya nggak buka secara detail, sekarang buka secara detail. Cek secara detail, kemana larinya. outputnya apa, outcomenya apa. Semua harus dikalkulasi, semua harus dihitung," katanya.

 

Karena itu, sangat penting agar para kepala daerah menebar anggaran ke seluruh dinas, dengan memperhatikan  skala prioritas. Sebab, dengan memilih yang prioritas, maka penggunaan anggaran akan  dan jauh lebih bijak di situasi saat ini.

Baca Juga: Tinjau Vaksinasi di Maluku Tengah, Jokowi: Saya Berharap Pandemi Ini Segera Selesai

"Semua dinas diberi, semua semua semua, kita nggak punya skala prioritas. Nggak tahu prioritasnya yang mana. Untuk kabupaten menurut saya, dua saja cukup beri prioritas. Misalnya saya ingin semua pasar di kabupaten saya selesai dalam 5 tahun ke depan, ya sudah konsentrasikan anggaran itu ke sana," ujarnya.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x