Kompas TV klik360 cerita indonesia

Ketua Timnas All England Beberkan Kronologi Tim Indonesia Dipaksa Mundur dari Turnamen

Kamis, 18 Maret 2021 | 21:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua Timnas All England Indonesia, Ricky Subagja membeberkan kronologi Timnas Indonesia dipaksa mundur dari pertandingan All England.

Timnas berangkat dari Indonesia pada tanggal 12 dengan menggunakan Pesawat Turkish Airlines.

Mereka  transit di Istanbul Turki dan melanjutkan perjalanan ke Birmingham pada tanggal 13.

“Kedatangan tim kami dengan jumlah 24 orang melalui Istanbul dengan Turkish Airlines dari tanggal 12, transit di Istanbul. Dari Istanbul ke Birmingham di tanggal 13”, papar Ricky saat memberikan keterangan pers melalui zoom meeting bersama Duta Besar Indonesia untuk Inggris (18/3).

Baca Juga: Pemain Turki yang Satu Pesawat dengan Pemain Indonesia Boleh Ikut All England, Ini Reaksi Menpora

Ricky mengatakan, sebelum berangkat dan sesampainya di Inggris, seluruh tim melakukan tes PCR dan semuanya dinyatakan negatif. 

“Di Jakarta, semua tim PCR, bahkan sebelum keberangkatan juga diagendakan tim kebetulan vaksin kedua. Sesampai di Birmingham, tim sampai hotel dan langsung dilakukan langsung tes PCR di tanggal 13. Satu hari kemudian, hasilnya alhamdulillah keseluruhan tim dinyatakan negatif di hari Minggu”, tambahnya. 

Karena dinyatakan negatif, seluruh timnas kemudian kembali melakukan latihan jelang pertandingan. 

Sebelum pertandingan dimulai, para manajer melakukan meeting.

Namun ternyata, Ricky menyebut meeting tersebut harus ditunda lantaran ada beberapa atlet yang terindikasi positif Covid-19.

“Pada saat managers meeting hanya memberikan informasi bahwa managers meeting diundur 1 hari, dikarenakan memang ada beberapa atlet dari 3 negara, Jepang, Thailand dan India, terindikasi hasil dari PCR ini positif”, tambahnya.

Baca Juga: Ini Tanggapan Menpora Soal Atlet Indonesia Dipaksa Mundur dari Turnamen All England

Hal ini berdampak pada tertundanya jadwal pertandingan All England. 

“Pertandingan ditunda hingga siang hari dimulai hari Rabu tanggal 17 pukul 2 siang, yang seharusnya dimulai pagi hari”, pungkasnya.

Pada tanggal yang sama, sebanyak 20 orang dari 24 orang timnas Indonesia mendapatkan email yang menyatakan mereka harus isolasi selama 10 hari terhitung dari tanggal 13.

Padahal, sebagian timnas sudah melakukan pertandingan dalam ajang tersebut. 

“Email itu menyatakan bahwa, dari Istanbul ke Birmingham ada seorang penumpang yang satu pesawat dengan kami tim Indonesia, memang dinyatakan positif. Dan tidak diberi tahu siapa yang positif Covid-19 ini”, pungkasnya.

Baca Juga: Tim Bulu Tangkis Indonesia Dipaksa Mundur dari All England 2021, Tim Diisolasi Hingga 23 Maret

Ricky pun merasa janggal, karena lantaran hanya 20 orang yang disuruh isolasi mandiri. Padahal  seluruh timnas Indonesia yang berada pada penerbangan tersebut berjumlah 24 orang.

“Dari 24 tim Indonesia yang mendapatkan email itu 20 orang, dengan email yang sama dari NHS, yang menyatakan harus isolasi 10 hari di hotel, terhitung dari tanggal 13 – 23” pungkasnya.

“Kalau dinyatakan satu pesawat, seharusnya seluruhnya mendapatkan email”, ujarnya.

Penulis : Abdur Rahim





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:59
PERANCANG BUSANA KENAMAAN DARI PARIS, PERANCIS, ALBER ELBAZ, MENINGGAL DUNIA   SEBANYAK 82 ORANG MENINGGAL DAN 110 LAINNYA TERLUKA AKIBAT KEBAKARAN RS COVID-19 IBN AL KHATIB DI BAGHDAD   MENAG YAQUT CHOLIL QOUMAS AJAK UMAT ISLAM SHALAT GAIB BAGI 53 AWAK KRI NANGGALA-402   PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO: 53 AWAK KRI NANGGALA-402 AKAN DIBERI KENAIKAN PANGKAT   TNI AL AKAN KOORDINASI DENGAN ISMERLO SOAL PENGANGKATAN KRI NANGGALA-402   TNI AL AKAN INVESTIGASI MENYELURUH TERKAIT TENGGELAMNYA KRI NANGGALA-402   KRI NANGGALA-402 PERNAH JALANI PERBAIKAN TOTAL DI KOREA SELATAN PADA 2012 LALU   KASAL LAKSAMANA YUDO MARGONO MENYEBUT KRI NANGGALA-402 LAYAK MENYELAM DAN BERLATIH TEMPUR   KASAL LAKSAMANA YUDO MARGONO TEGASKAN TENGGELAMNYA KRI NANGGALA BUKAN DIAKIBATKAN OLEH "HUMAN ERROR"   KASAL LAKSAMANA YUDO MARGONO: KRI NANGGALA-402 MAMPU TAMPUNG 57 AWAK, SAAT TENGGELAM MEMUAT 53 AWAK   KASAL LAKSAMANA YUDO MARGONO BANTAH KRI NANGGALA-402 MENGANGKUT KRU MELEBIHI KAPASITAS   KASAL LAKSAMANA YUDO MARGONO SEBUT ADA BAGIAN KRI NANGGALA-402 YANG MASIH UTUH TETAPI RETAK KECIL   HASIL DETEKSI KRI RIGEL DAN MV SWIFT: KRI NANGGALA-402 TERBELAH JADI TIGA BAGIAN   KEMENAKER: PEKERJA KONTRAK DAN PEKERJA "OUTSOURCING" BERHAK TERIMA THR