Kompas TV nasional sosial

Benarkah Penerima BPJS Kesehatan Tak Bisa Lolos Kartu Prakerja? Berikut Penjelasannya

Kompas.tv - 11 Maret 2021, 20:16 WIB
benarkah-penerima-bpjs-kesehatan-tak-bisa-lolos-kartu-prakerja-berikut-penjelasannya
Ilustrasi Program Kartu Prakerja. Benarkah penerima BPJS Kesehatan tak bisa lolos Kartu Prakerja? (Sumber: Tangkap layar prakerja.go.id)
Penulis : Fiqih Rahmawati

JAKARTA, KOMPAS.TV – Media sosial Facebook kini diramaikan informasi soal penerima BPJS Kesehatan tak bisa lolos program Kartu Prakerja.

Akun bernama Adiiprtm melalui obrolan grup Facebook Prakerja Gelombang 12 menanyakan hal tersebut.

Asese minnn! Apa benar? Yang punya BPJS Kesehatan gak akan pernah lolos? Kalo bener, pantesan aku gak peenah lolos," tulisnya, Rabu (10/3/2021).

Tak hanya itu, akun bernama Aing juga menuliskan penyebab tak lolos Kartu Prakerja, dimana salah satunya menyebutkan bahwa penerima BPJS tak bisa lolos.

Salam prakerja...?? yg harus di pahami dari prakerja yg tidak lolos, 1. Yg sdh prnh dpt BLT mutlak tidak lolo, 2. Yg sdh dpt BPJS ktenaga kerjaan, 3. Yg sdh dpt UMKM, itu yg mengabatkan tidak lolos,” tulis Aing dalam unggahannya.

Baca Juga: Lolos Prakerja Gelombang 13? Ingat, Wajib Lakukan Ini Sebelum Beli Pelatihan!

Benarkah penerima BPJS Kesehatan tak bisa lolos kartu prakerja?

Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu menegaskan bahwa informasi penerima BPJS Kesehatan tak bisa lolos kartu prakerja adalah tidak benar.

Louis mengatakan bahwa tak ada peraturan yang menyebutkan hal tersebut dan menyebutkan daftar terlarang yang tak bisa lolos adalah penerima bantuan sosial seperti DTKS, BSU, dan BPUM.

“Tidak ada peraturan seperti itu. Yang masuk dalam daftar terlarang adalah mereka yang sudah pernah menerima bansos seperti DTKS, BSU, dan BPUM,” tegasnya, dikutip dari Kompas.com, Kamis (11/3/2021).

Baca Juga: Kabar Baik! Alumni Kartu Prakerja Gelombang 1-12 Bisa Dapat Bantuan Rp 10 Juta, Cek Syarat dan Cara

Louis juga mengatakan bahwa mereka yang selalu gagal dan tak pernah lolos Kartu Prakerja bisa mengisi formulir aduan di lama Prakerja.

“Langsung mengisi formulir aduan saja, tidak ada syarat. Sampaikan keluhan atau permasalahan kamu,” papar Louisa.

Selain itu, untuk Prakerja Gelombang 14, pihak Prakerja kini meluncurkan fitur baru di laman Prakerja.

Fitur baru Prakerja ini nantinya akan memunculkan alasan pendaftar Kartu Prakerja Gelombang 14 tidak lolos seleksi.

"Pada gelombang 14 nanti juga, kami berusaha memperbaiki fitur, yaitu untuk teman-teman yang tidak lolos akan diberikan informasi di dashboard-nya masing-masing, alasan kenapa teman-teman tidak berhasil menerima Kartu Prakerja," ungkap Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari.

Baca Juga: Tersedia Kuota 600.000 Orang, Siap-siap Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 14 Dibuka Siang Nanti

Fitur baru yang mulai bisa digunakan untuk Prakerja Gelombang 14 ini merupakan bentuk respons atas banyaknya masyarakat yang mempertanyakan mengapa tak lolos dari seleksi Prakerja.

"Jadi teman-teman ini akan kami berikan informasi, barangkali NIK-nya teman-teman masih tercatat, misalnya saja di Kementerian Pendidikan. Kalau seperti itu, artinya apa, teman-teman statusnya masih dianggap aktif (siswa atau mahasiswa)," papar Denni.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x