Kompas TV nasional sosial

Tersedia Kuota 600.000 Orang, Siap-siap Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 14 Dibuka Siang Nanti

Kompas.tv - 11 Maret 2021, 07:20 WIB
tersedia-kuota-600-000-orang-siap-siap-pendaftaran-kartu-prakerja-gelombang-14-dibuka-siang-nanti
Ilustrasi pembuatan akun dan update data diri jelang dibukanya pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 14 pada Kamis siang (11/3/2021). (Sumber: akun Instagram @prakerja.go.id)
Penulis : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV- Tak perlu menunggu terlalu lama setelah pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang 13 ditutup, pemerintah langsung menyediakan program serupa untuk Gelombang 14.

Rencananya, Program Kartu Prakerja Gelombang 14 ini akan dibuka pendaftarannya mulai Kamis siang nanti (11/3/2021). 

Rudy Salahudin selalu Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kemenko Perekonomian mengatakan, program kartu prakerja gelombang 14 bakal dibuka pukul 12.00 WIB dengan kuota untuk 600.000 orang.

Baca Juga: Pendaftaran Prakerja Gelombang 14 Dibuka Besok Kamis, Ada Fitur Baru Loh!

"Hari ini sudah diumumkan peserta yang lolos gelombang 13, dan besok batch 14 akan dibuka dengan kuota 600.000," ujar Rudy dalam Dialog Perkembangan Program Kartu Prakerja secara virtual, Rabu (10/3/2021).

Terpisah, Direktur Eksekutif Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menambahkan pendaftar yang belum lolos pada pendaftaran gelombang 13 bisa mencoba mendaftar pada gelombang ke-14.

Denni seperti dilansir Kompas.com, Rabu (10/3/2021) mengatakan, calon peserta bisa langsung mengklik tombol join batch 14 yang ada pada dashboard yang ada di akung masing-masing.

"Yang tidak diterima di gelombang 13 nanti cukup mengklik join batch ke-14," sambung Denni.

Baca Juga: Pendaftaran Prakerja Gelombang 13 Ditutup, Ini Cara Cek Peserta yang Lolos

Lebih lanjut Denni menjelaskan, pada gelombang 14 kali ini, pihak Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja menambah fitur baru, yakni pendaftar bisa mengetahui alasan tidak diterima dalam pendaftaran di setiap gelombang.

"Di gelombang 14 kami memperbaiki fitur untuk yang tidak lolos dan akan ada informasi di dashboard masing-masing alasan tidak berhasil menjadi penerima Prakerja karena kami memiliki NIK dari setiap K/L yang merupakan kelompok-kelompok yang dilarang menjadi penerima Kartu Prakerja," ujar Denni.

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2021 ini program Kartu Prakerja masih dijalankan dengan skema semi bantuan sosial. 

Baca Juga: Awas! 5 Situs Pendaftaran Kartu Prakerja Ini Palsu dan Menyesatkan

Peserta yang lolos akan mendapatkan bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, serta uang insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600.000 yang diberikan dalam waktu enam bulan.

Peserta pelatihan juga bakal mendapatkan insentif pengisian survei sebesar Rp 150.000 untuk tiga kali survei. 

Sehingga secara keseluruhan, peserta Kartu Prakerja akan mengantongi uang bantuan sebesar Rp 3,55 juta.

Baca Juga: Lolos Gelombang 12? Ini Langkah Mengikuti Pelatihan dengan Kartu Prakerja

Untuk semester I tahun ini, kuota peserta program Kartu Prakerja ditetapkan sebanyak 2,7 juta dengan anggaran sebesar Rp 10 triliun.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x